Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Oto Tips -Merawat Roda Cadangan


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Ben/Reza

Biarpun sudah memasuki tahun 2009, namun desain mobil sebenarnya tak terlalu jauh dibandingkan mobil pada abad 19, soal lokasi roda cadangan.

Beberapa SUV masih menempatkan roda kelima ini di bagian belakang mobil yang menggantung seperti sanggul.

Lihat saja Suzuki Grand Vitara, Honda CR-V hingga generasi kedua, lantas Ford Everest pun begitu.

Supaya sanggul alias roda cadangan ini erat terangkul, ada beberapa hal perlu diperhatikan.

Beban
Roda cadangan menggantung di pintu, tentu memberikan beban tersendiri buat pintu belakang. Walau tentunya sudah dipersiapkan, seperti penggunaan engsel berbraket lebih kuat, kemudian tulangan pintu pun sudah disesuaikan beban yang diterimanya.

Namun, tak berarti peranti ini bebas perawatan, bukan? Apalagi tak jarang pemilik SUV melakukan perjalanan  tak umum dilakukan penunggang mobil lain. Seperti bertualang ke daerah dengan jalan tak rata.
Efeknya ayunan mobil dan guncangan makin membebani pintu gantungan roda cadangan. Makanya, perlu sediakan waktu merawat bagian buritan ini. Seperti memeriksa kekencangan baut engsel, seperti pada Ford Everest ini, lalu tak lupa juga kait pengunci pintunya.


Lubang kunci dijaga kebersihannya

Periksa kekencangan baut engselnya

Braket roda harus selalu rapat dengan pintu
 

Hal lain, memeriksa gantungan ban yang berada di pintu. Cukup perhatikan saja dari samping, lalu lihat dengan seksama di antara braket dan pintunya. Jika ada celah, berarti pengikat gantungan longgar. Untuk mempererat ikatannya, tentu bautnya perlu dikencangkan lagi. Nah, soal yang ini lebih baik dilakukan oleh mekanik, karena perlu membuka door trim di pintu sebelah dalam. Kalau merasa sanggup sih bisa saja mengerjakan sendiri.

Pada beberapa SUV, roda cadangan ini dilengkapi penutup yang disarungkan saja. Tetapi, seperti Ford Everest dan beberapa SUV lain, penutupnya dilengkapi pengunci di bawah. Otomatis, kunci ini rentan terkena cipratan dari ban. Sebaiknya, jangan lupa bersihkan bagian ini dan sesekali semprotkan cairan penetran pada lubang kuncinya, agar tidak mudah karatan di bagian dalamnya

Sumber : Penulis/Foto: Ben/Reza
 - otomotifnet.com



Sponsored Links

Settingan CDI untuk bikers gendut agar Motor bisa ngacir bro!
Memiliki bobot tubuh 80 kg dan tinggi 170 cm, Rahmat merasa lari motor kesayangannnya kurang pas den...

Perawatan Motor - Deteksi problem di suzuki Satria FU lebih dini!
Pepatah bilang; tak ada gading yang tak retak. Gitu juga di motor, tak selalu sempurna. Pasti ada aj...

Bahaya! Ban Motor Tipe Tube Dibikin Tubeless
Banyak pemilik motor melakukan kekeliruan terhadap bannya. Entah karena mengikuti perkembangan tekno...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru