Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Perawatan Musim Hujan - Cegah Karet Kaca Bocor


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto : Anton

Hampir bisa dikatakan kebocoran pada kabin saat hujan deras, banyak disebabkan oleh celah yang timbul pada sudut kaca. Kondisi ini umumnya merupakan efek samping dari umur pakai karet kaca, dan biasanya terjadi pada besutan berusia lebih dari lima tahun.

Seperti dialami seorang rekan di redaksi OTOMOTIF, pada Mitsubishi Kuda diesel miliknya. Kondisi saat itu, air dari luar masuk melalui celah karet kaca depan sebelah pojok atas. Sehingga membuat becek lantai di kabin depan (Gbr.1).
   
Menurut Ferryanto, bos Inka Auto Service, pemicu kebocoran bisa disebabkan dua hal. "Kaca depan mobil pernah dilepas, dan memasangnya kembali hanya memakai sealent buat aquarium. Bisa juga lantaran karet kacanya memang sudah getas," ujar juragan bengkel body repair di Jl. Ciater Raya No. 86, Serpong, Tangerang, Banten ini.

Mengatasinya lumayan sulit. Menurut Ferry, sebelumnya bagian kaca yang mengalami kebocoran berikut karet lisnya harus dilepas terlebih dulu. Kemudian seluruh permukaan pada bibir kaca diberi sealent khusus kaca (Gbr.2). Bentuknya mirip aspal, dengan pilihan harga mulai Rp 60-125 ribu tergantung merek (Gbr.3).

Karakter sealent aspal ini sangat lentur dan kuat. Jika terkena panas kekuatan merekatnya lebih sempurna, sehingga mampu menutup seluruh celah sekecil apapun pada pinggiran kaca. "Jangan pakai sealent aquarium, karena mengandung campuran asam sangat tinggi. Efeknya kelamaan bisa menimbulkan korosi, pada pelat bagian dalam frame kaca. Sehingga dapat menyebabkan kebocoran di kabin saat hujan atau tiap kali habis dicuci," jelas pria yang hobi off-road ini.

Langkah terakhir juga dengan memberi sealent aspal, pada celah bibir luar di balik karet lis kaca bagian luar (Gbr.4). Tujuannya agar daya sekat terhadap air lebih sempurna, sehingga kabin terbebas dari kebocoran saat hujan deras. Selamat mencoba.

Inka Auto Service (021-75870386)

Sumber : Penulis/Foto : Anton - otomotifnet.com



Sponsored Links

Plus Minus Honda BeAT dan Yamaha New Mio
Tidak bisa dipungkiri, dua skuter bebek (skubek) Honda BeAT dan Yamaha New Mio lagi berperang merebu...

Soket Keramik dan Kapasitor Bank buat Motor
Rumah soket sekering dari aki sangat rawan terhadap percikan api karena gampang korsleting. Karena b...

Rem
Fungsi rem adalah untuk mengurangi kecepatan atau untuk menghentikan roda sekaligus Rem merupakan ba...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru