Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modifikasi Guidance - Vespa PTS100 Pakai Piston Suzuki


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: KR15/ENDRO


OTOMOTIFNET - Repotnya kalau Vespa PTS100 masuk tahap oversize di atas 5M. Yang dimaksud 5 M bukan miliar. Tapi tingkatan oversize. Katanya untuk melacak paket piston dan ring di atas spek 5M sangat langka. Belum lagi bentuknya beda hingga susah untuk dikanibal dari Vespa lain.

Karena itu Ridwan Maulana alias Didu mekanik bengkel Pren yang biasa tangani skuter semok PTS terpaksa cari solusi. Piston Suzuki A100 yang masih banyak dijual bisa jadi rujukan. Bentuknya hampir mirip sama piston asli PTS.

"Kalau mirip banget sih nggak juga. Kebetulan aja diameter dan panjang kaki seher beda tipis. Jadi kalau mau dipasang tetap harus ada sedikit ubahan," terang Didu dari tempat mangkalnya di Jl. Madrasah, Fatmawati, Jakarta Selatan.

Lanjut dijelaskan Didu, kelebihan piston A100 jika pasang ke PTS100 yang pasti ring A100 lebih tipis hingga minim gesekan. Selain itu juga, bentuk kepala piston lebih datar hingga memungkinan PTS100 bisa pakai busi panjang yang biasa untuk Vespa Excel atau Sprint.

Sayangnya untuk melakukan perubahan piston agar dapat dipasang ke PTS, Didu mengaku segalanya diserahkan ke tukang bubut. Semisal memotong kaki piston yang lebih panjang agar tinggi sama dengan punya PTS100 (gbr. 1).

Diameter lubang pen piston Suzy A100 yang lebih sempit pun perlu diperbesar plus membuat got clip pengunci mengikuti diameter aslinya (gbr. 2). Beruntung pelebaran diameter ini tidak mengubah atau menggeser jarak lubang pen punya A100.

Terakhir, membuat lubang transfer yang mengarah ke lubang knalpot (gbr. 3). "Kalau lubang ini bisa bikin di bengkel. Meski tidak sama persis, namun diameter lubang yang disarankan sekitar 13 mm," wanti Didu.

Sumber : Penulis/Foto: KR15/ENDRO - otomotifnet.com



Sponsored Links

Perawatan Motor - Deteksi problem di suzuki Satria FU lebih dini!
Pepatah bilang; tak ada gading yang tak retak. Gitu juga di motor, tak selalu sempurna. Pasti ada aj...

Service Guidance - Bikin Irit Mio Pakai Spuyer Kaze
Seliter Premium Rp 6 ribu! Ah enggak masalah, karena banyak cara dilakukan untuk mengefisiensikan pe...

Kawasaki KLX 150S - mengtasi kopling Kawasaki KLX 150S selip, harus dilubangi?
Banyak pengendara Kawasaki KLX 150S mengeluh koplingnya mudah selip. Salah satunya Yopi. "Umurnya ba...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru