Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Problem Solving - Ngentengin Kopling Honda CS-1


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Tining/Yud


Walau tergolong motor baru, Honda City Sport 1 alias CS-1 bukannya nggak ada kekurangan. Seperti dirasakan Lusep Sugiharto, mekanik Kahanan Motor di Jl. Jagakarsa, No. 17, Kebagusan, Jakarta Selatan. Katanya kalau abis oper gigi, seperti ada yang nyangkut.

"Penyebabnya pegas pembalik persneling (shift fork) kurang keras," jelas pria asal Cirebon, Jawa Barat ini. Bukan Lusep kalau nggak penasaran. Doi langsung bongkar CS-1 yang masih tergolong kinyis-kinyis buat mencari tahu posisi pegas pembalik.

Sebelumnya mekanik ramah ini membuang oli, karena pegas di dalam bak kopling. Air radiator pun harus dibuang. Langsung buka rumah kopling dan ketemu pegas pembalik (gbr. 1).  "Sementara ini substitusinya belum ketemu, jadi masih diakali dulu," lanjutnya.

Caranya, dengan melebarkan dudukan pegas menggunakan tambahan sekitar sekitar 5 mm (gbr. 2). Untuk menempelkannya, cukup dengan las listrik.

Setelah itu, baut 14 yang nempel di crankcase perlu dilepas, karena terlalu kecil. Kalau nggak diganti jadi percuma mengganjal pegasnya. Ganti dengan baut dudukan teromol rem belakang yang batangnya lebih gede dan gak mentok (gbr. 3). Beres dan pastinya jadi lebih enteng!

Sumber : Penulis/Foto: Tining/Yud - otomotifnet.com



Sponsored Links

Berangus kerak karbon di ruang bakar mesin..
Mobil terasa kurang bertenaga, ngelitik, boros bensin dan emisinya kurang bagus meski rajin tune up?...

Minyak pelumas
Fungsi minyak pelumas secara keseluruhan

Minerva Sachs R150 VX Rasa Besut Sport Sejati
Minerva Sachs R150 VX, motor jenis sport berteknologi Jerman yang baru diperkenalkan PT Minerva Moto...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru