Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Subtitusi kampas rem depan Mega Pro?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Kadafi / Kadafi - otomotifnet.com

Umur 6 tahun, buat Honda Mega-Pro seperti milik Aries Maulana udah masuk kategori berumur. 

 

Dipastikan beberapa komponennya sudah mulai aus dan perlu diganti. Terlebih kayak kampas rem, baik depan dan belakang yang tergolong part fastmoving. 

 

Itu tentu agar fungsi kinerjanya tetap maksimal menjaga keselamatan.

Perkara ganti sih, gampang.

 

Masalahnya, buat besutan berusia di atas lima tahun agak susah didapat. Seperti diakui Aries, waktu mencari kampas rem depan kuda besinya yang keluaran 2003. "Sudah ke beberapa toko onderdil, mereka gak punya. Ägak ribet juga. Orisinalnya agak-agak langka," akunya.

 

 

Sabar, banyak jalan menuju roma. Gitu juga soal spare part. Kalo susah dicari, ya pakai part pengganti, dong. "Salah satunya bisa pakai punya Honda Supra 125.

 

Sama, tanpa mengubah apa-apa dan harganya pun sekitar Rp 18-25 ribu," ungkap Ismam Mirshala, mekanik di bengkel Garasi Motor (GM) Kompleks Rafflesia Jl. Bromo No.C3, Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi.


Gambar 1

Gbr 1

 

 

 

 

 

 


Gambar 2

Gbr 2

 

 


Gambar 3

Gbr 3

 

 

 

 

 

 


Gambar 4

Gbr 4

 

 

 

Cara pasangnya, mari langsung praktekkan. Sebelumnya siapkan kunci-kuncinya; L-6 model bintang, L-5 dan obeng min beserta kampas rem yang sudah ditebus tadi (gbr.1). Sudah? Sekarang tinggal kita lepaskan kaliper Honda Mega-Pro dari sokbreker dan cakramnya menggunakan kunci L-6 bintang (gbr.2).

 

Setelah kaliper terlepas, tekan piston menggunakan obeng min (gbr.3), agar nanti kampas rem yang baru bisa langsung masuk ke dalam cakram. Jika sudah, lanjutkan dengan membuka pegangan kampas remnya memanfaatkan kunci L-5 (gbr.4).

 

 

Nah, kalo sudah terbuka, sebelumnya kita bersihkan dulu kalipernya dengan kuas kecil untuk menghilangkan debu atau kotoran yang mengendap di dalamnya. Setelah beres, tinggal pasang lagi kampas rem yang baru ke dudukannya. Langkahnya, enggak beda saat Anda tadi waktu membukanya. 

 

 

Jika sudah terpasang, kita kencangkan lagi semuanya yang sudah kita lepas tadi. "Untuk mendapatkan pengereman yang lebih maksimal, kita tekan handle rem tangan, dibarengi membuang minyak rem yang tersisa di dalam kaliper. Itu sekaligus untuk mengusir gelembung udara di dalam slang rem.

 

 

Kalo sudah keluar, langsung dikocok berulang-ulang tuas remnya dengan tangan sampai benar-benar terasa padat pada tuas itu," tutup mekanik supel ini.

 

Sumber :Penulis/Foto: Kadafi / Kadafi - otomotifnet.com



Sponsored Links

Service Guidance - Lebih Baik Filter Standar Tapi Bersih
Setidaknya ada empat sebab performa mesin turun dan konsumsi bahan bakar jadi boros, karena sentuhan...

Settingan CDI untuk bikers gendut agar Motor bisa ngacir bro!
Memiliki bobot tubuh 80 kg dan tinggi 170 cm, Rahmat merasa lari motor kesayangannnya kurang pas den...

SISTEM PENGISIAN
Batere dengan kapasitas tertentu, tidak memungkinkan dipakai secara terus-menerus mensuplai kebutuh...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru