Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance

Navigation: Otomotif Ľ Mobil - Perawatan


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Rio

Musim hujan sekarang ini wiper jadi perangkat yang sangat vital. Problem yang sering terjadi adalah lama kelamaan karet wiper biasanya menjadi keras dan getas. Untuk menjaga tingkat elastisitas karet, banyak yang memyemprotkan silicon spray kaleng atau yang banyak dijumpa, semir ban. Benarkah cara ini?


Kaca baret jadi rugi tambahan

Biasa dioleskan sepanjang wiper

Kalau karet pecah-pecah sebaiknya ganti saja

"Karena silikon menyerap pada bahan karet, maka karet wiper yang getas akan kembalik elastis, Tapi cuma sementara lo" wanti David Tandjung, sales & operation manager Toda, di Radio Dalam, Jaksel.

Misalnya menuangkan cairan silikon tersebut pada kain lap. Kemudian basuh kain tersebut sepanjang karet wiper. Fungsinya mungkin tak akan membuat wiper bagai baru kembali. Namun yang pasti bisa memperpanjang usia pakainya.

Sayang trik ini tetap banyak ruginya. 'Kalau sampai luber di kaca justru akan membuat lapisan seperti minyak. Efeknya malah merusak jarak pandang," lanjut Robertus Harjanto, pemilik salon mobil Auto Relax di Jl. Pangeran Antasari Raya No.10B, Jaksel.

Informasi tambahan datang dari Aming, technical advisor dari PT Foerch Indonesia. "Bahan karet wiper yang bagus sekarang malah sudah tidak dilapisi silikon lagi," terang pria berkantor di Taman Palem, Jakbar ini.

Soalnya lapisan silikon ini memang mudah mengeras dan pecah jika kering. Jadi kalau dari pabriknya sudah enggak pakai silikon, kenapa mesti dibalur si pelicin ini.

Lagipula karet wiper enggak mahal. Misalnya yang sudah berteknologi pelapis Graphyte antisobek harganya sekitar Rp 60-100 ribuan dengan usia pakai minimal setahun.

Bandingkan jika tetap mesti membeli silikon spray semprot seharga Rp 50 ribuan atau semir ban Rp 25 ribu. Itu belum termasuk pegal mengelus karet wiper yang aus. Rugi kan?

Sumber:Penulis/Foto:Rio - otomotifnet.com



Sponsored Links

Utilitas - Do & Donít Dalam Perawatan Helm
Ada slogan 'half your life, is in your helmet'. Dari kalimat tersebut, sudah jelas betapa pentingnya...

Trouble Shooting - Cek CDI dan Koil Mati
Pernah alami mogok di jalan? Ya, gara-gara pengapian mendadak hilang. Penyebab perginya api busi unt...

Service Guidance - Awas Jarum Skep Ninja 250 Tertukar
Hendrik yang pedagang sekaligus pemilik bengkel motor build up, Probike, bingung bukan kepalang kare...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru