Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance - Beda Filter Oli Orisinal VS Palsu


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Banar - otomotifnet.com

Salah pasang filter oli (FO) dengan produk palsu terbukti bisa bikin mesin mobil anda cepat rusak. Lho kok bisa begitu? Ya jelas bisa dong, kan fungsi FO sendiri untuk menyaring kotoran yang akan bersirkulasi ke dalam mesin.

Nah, kalau filternya jelek dipastikan fungsinya juga enggak maksimal. Kotoran atau kerak-kerak mesin yang larut didalam oli, akan ikut bersirkulasi kedalam mesin maupun piston. Kalau sampai begitu, tahu sendiri dong akibatnya, minimal besutan sering rewel dipakai jalan.

Buat pembesut mobil Honda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau mau ganti FO biar enggak ketipu sama produk palsu. Mari simak rame-rame tips membedakan FO asli dan yang palsu.


Yang asli lebih berat

Bentuk, warna dan berat filter
Produk asli bentuk lebih presisi, warna lebih gelap dan beratnya 242 gr. Sedangkan produk palsu beratnya hanya 204 gr. “Lebih ringan, karena materialnya lebih tipis,” ulas Suryo, Service Advisor, PT Permata Hijau Automegah di Jl. Raya Kebayoran Lama No. 40, Jaksel.

Seal Antidrain
Saat FO dibongkar/dibelah, produk asli berbahan silicone rubber berwarna abu-abu dan lebih tebal. Sedangkan yang palsu lebih tipis berwarna hitam. “Saat mesin dimatikan, seal antidrain yang tipis bisa menimbulkan kebocoran pada FO, akibatnya saat mesin dihidupkan kembali, pompa oli akan mengisi saringan oli dulu sebelum melumasi komponen mesin. Hal ini menyebabkan komponen mesin cepat rusak,” urai Suryo.


Nomor kode lebih halus

Nomor kode produksi
Kode produksi ada pada bagian atas FO. Pada produk asli, karakter nomor kode produksi lebih halus, tidak terlalu jelas dan terdapat titik warna orange disekitar kode produksi. Sedangkan yang palsu karakter nomor kode produksi lebih jelas, berwarna kuning terang dan tidak terdapat titik warna orange di sekitar kode produksi.


palsu lebih renggang

Elemen
Elemen FO asli memiliki kapasitas penyaringan tinggi, dengan jarak kerapatan saringan yang lebih tinggi. Kertas penyaring disambung kuat menggunakan plat baja Galvanis untuk mencegah kebocoran sambungan.

Untuk FO palsu kapasitas penyaringan rendah, dengan jarak kerapatan yang rendah. Kertas penyaring disambung hanya dengan melipat kertas tersebut. “Penyaringan yang rendah menyebabkan kotoran kecil lolos melewati saringan,” tutup Suryo.


Gimana, sudah tahu bedanya kan? Jangan salah pilih lagi ya!



Sponsored Links

Modifikasi Guidance - Merancang Mesin Balap Skubek (4)
Ibnu Sambodo yang begawan 4-tak masih percaya klep standar yang asli pabrik. Seperti klep Sonic yang...

Kopling
Kopling (clutch) berfungsi menghubungkan dan melepaskan tenaga (putaran) dari mesin ke bagian pemind...

Penulis/Foto: Oct
Hayo siapa yang Yamaha Scor­pio­nya pernah mengalami ge­jala susah dihidupkan pada pa­gi hari, t...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru