|
|||||
Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil Memperbaiki Mobil Merakit Mobil Perawatan Mobil Tips Trik Mobil Kategori Sepeda Motor Fungsi Spare Part Motor Memperbaiki Motor Merakit Motor Perawatan Motor Tips Trik Motor Tips Trik Umum |
|||||||
Service Guidance - Deteksi roda yg belakang goyang!Navigation: Otomotif » Sepeda Motor - Memperbaiki
Sponsored Links
Author: Penulis:Jotos Meski naik motor tiap hari, gak semua motormania paham besutannya. Seperti Wirawan Putra Haryatama nih.
"Waktu mau ke rumah saudara di daerah Mampang, Jaksel, saat menikung motor saya terasa goyang seakan mau jatuh. Setelah itu saya langsung buru-buru ke bengkel terdekat," kisah warga Jl. Rawa Kopi No.14, Pangkalan Jati, Cinere Limo, Depok, Jabar ini.
Hasil curhat sama Ahmad Fauzan, mekanik Lay Speed (LS) bilang, "Oh, kalo gejala oleng di belakang sih, biasanya ada beberapa bagian yang perlu dicurigai," kata pemilik bengkel di daerah Tegal Parang Selatan No.14, Mampang Prapatan 11, Jaksel.
Di antaranya; bos arm, laher roda, sokbreker buritan, pelek serta ban. "Coba cek satu per satu!" pesan pria tinggi besar ini. Nah, kalau telanjur rusak atau aus, ya jangan didiamkan.
Intinya, segera ganti baru. "Itu agar tak terjadi hal yang tak diinginkan," tambahnya. Nah, untuk praktik, Ahmad pun lantas mencontohkan pada Honda Supra Fit 2005.
Bos Arm
Jika komponen ini sudah aus, akan mempengaruhi as swing arm. "Jadi ada celah atau sedikit longgar," bilang Ahmad. Pemicunya, selain usia pakai, bisa juga kurang perawatan atau diberi pelumasan.
Akibat kotoran menumpuk bikin seret dan mengikis dinding bos saat swing arm bekerja. Mau gak mau ganti baru. Di toko spare-part dihargai Rp 30 ribu per buahnya (orisinal).
Laher Roda
"Mendeteksinya gampang. Saat direm, akan terasa ada jeda atau muncul gejala sedikit goyang," lanjut mekanik ramah ini. Nah, kalau peranti ini sudah gak layak pakai, kudu ditukar baru. Biayanya cukup Rp 20 ribu per buah.
Sokbreker Belakang
Sebaliknya, kalo pegas keempukan, "Bikin motor gak mantap menikung, bisa membel tuh besutan," lanjutnya. Mau ganti yang anyar. Untuk menebusnya, part ini dihargai Rp 150-200 ribuan.
Pelek
Bila mau ganti baru, khusus model jeruji dihargai Rp 65 ribu per buah. "Tapi kalo spelengnya gak parah, disetel aja ke tukang pelek. Ongkosnya Rp 15 ribu untuk satu pelek," ungkap pria yang suka memakai celana pendek ini.
Ban
Selain itu, "Bisa juga saat ganti ban gak diperhatiin dalam pemasangannya," Ahmad kembali mengingatkan. Oh ya, kalau hanya menyetel ulang, ongkosnya Rp 7 ribu.
Sumber :Penulis:Jotos - otomotifnet.com Sponsored Links |
Audio Mobil - Menghilangkan Efek Storing Kap Mesin Menganga? Setel Karet Stopper-nya Dong! Modifikasi Guidance - Pasang Nipel Lengan Ayun Scorpio |
||||||