Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance - Deteksi Problem Disk Brake Dari Bunyi


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Jotos


Berbenturan dengan benda keras bikin cakram oleng

Ada 3 bunyi khas (nguuk-nguuk, sring-sring & srek-sreek) yang sering timbul pada sistem pengereman yang menggunakan cakram. Sekilas, bunyi yang muncul dari sumber yang sama ini hampir mirip. Tapi kalo dicermati akan terdengar bedanya. Selain itu, tiap bebunyian tersebut penyebabnya berbeda lo.

Gimana, mau tau biang kerok yang menyebabkan rem depan Anda berdendang fals ini berikut cara mengatasinya? Simak tulisan ini. 

Nguk-Nguk

Nada mengganggu gendang telinga ini muncul saat fungsi penghenti laju dioperasikan. Menurut analisa Ipin Sanjaya, mekanik bengkel umum Ipin Sanjaya Motor (ISM), hal itu disebabkan kotoran yang menempel pada permukaan kampas rem (brake pad). "Jadi saat kampas rem yang permukaannya berdebu menjepit cakram, saat itulah bunyi tersebut timbul. Karena terjadi efek kesat atau seret," ucapnya.

Nah agar bunyi itu sirna, caranya gampang bin mudah. Pertama, lepas dulu perangkat kaliper dari cakram. Bila ada kompresor, tinggal semprot bagian kampas remnya. "Bila enggak ada kompresor, jangan putus asa. Bisa dibersihkan dengan pakai kuas," tutur Ipin. Selain itu, kalau kotorannya agak membandel, bisa manfaatkan ampelas untuk mengikis tumpukan kerak tadi.

Sring-Sring


Kampas habis bikin ngilu

Bila didengarkan secara saksama, bunyi seperti ini timbul karena gesekan antara logam dengan logam. Bunyinya sangat menggangu karena bikin ngilu. Pemicunya, kampas rem yang sudah habis dan telat diganti, mengakibatkan tatakan kampas rem yang terbuat dari lempengan besi beradu langsung dengan cakram.

Awas jangan dibiarkan. Sebab justru malah bisa membuat permukaan cakram tergerus. "Akibatnya, meski kampas sudah diganti baru, pengereman enggak bisa maksimal," wanti Ipin. Karena permukaan sudah tak rata.

Tapi kalo permukaan cakram tergerusnya belum telanjur parah, menghilangkan suara sring-sring cukup dengan mengganti kampas rem saja. Sebaliknya kalo sudah parah atau dalam, "Maka perangkat tersebut mesti diganti. Contoh punya Honda Tiger, banderol cakram orisinalnya Rp 160 ribu dan yang imitasi Rp 70 ribu," tutur mekanik ramah ini.

Srek-Srek


Debu menempel bikin cakram teriak

Dendangan rem depan Anda terdengar secara timbul tenggelam. Karena menurut hasil pendeteksian, penyebabnya karena permukaan cakram enggak rata alias sudah penyang. Kemungkinan terbesar hal itu terjadi karena pernah terbentur benda keras. Material cakram kurang bagus (gampang melintir saat kena panas gesekan) dan pemicu lainnya.

Buat mengusir noise yang disebabkan, cakram geal-geol ada 2 pilihan. "Pertama dengan mengganti piringan rem dengan yang baru. Langkah alternatifnya, dengan melakukan pengepresan pada permukaan cakram," sambung Ipin.

Untuk beli cakram baru, dana yang mesti disiapkan Rp 70-160 ribu (untuk Honda Tiger). Nah buat yang pakai jalur alternatif, biaya jasa pengepresan yang mesti dikeluarkan Rp 70 ribu. "Makanya, biar hal ini tak terjadi, rem depan harus dirawat. Selain itu, saat di jalan juga harus waspada," wantinya.

Sumber : Penulis/Foto: Jotos - otomotifnet.com



Sponsored Links

Modifikasi Guidance - Pasang Stabilizer Di Setang BeAT
Yudhistira, pemilik Pets Shop di daerah Bintaro, Jaksel, memilih Honda BeAT sebagai sarana transport...

Mekanik Transmisi
Transmisi disebut juga pemindah gigi yang dapat bekerja oleh beberapa peralatan

Kawasaki ZX 130 - Upgrade performa ZX130 : tembus 155 km/jam !!!
Setelah di tiga edisi lalu membahas bebek-bebek super dari pabrikan Honda, Suzuki, dan Yamaha. Pada ...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru