Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance - Ganti Karet Kupu-Kupu Usir Geleng


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/foto:Popo - otomotifnet.com

Kalau kepala geleng-geleng tentunya ada maksudnya, begitu juga dengan setang motor bebek. Kalau setang geleng-geleng tentunya ada yang enggak beres. Hal ini diketahui menimpa Honda Supra X 100 yang sudah berumur lebih dari 8 tahun.


(gbr.1) buka dulu cover lampunya

"Pada motor tipe bebek termasuk Honda Supra X 100cc, di baut pengikat antara komstir dan setang ada karet sebagai peredam getaran. Kalau karet ini sudah getas atau mengeras maka setang akan mudah goyang," analisis Hasan dari Hasan Motor.

Oleh pabrikan karet ini dibuat untuk menahan getaran dari roda depan agar tak sampai ke setang. Namun yang namanya karet pasti punya umur, makin lama akan mengeras karena beban yang diterimanya. Kalau sudah begini fungsinya meredam getaran jadi hilang bahkan setang jadi tidak lagi terikat kencang pada komstir dan akhirnya goyang.


(gbr.2)lepas ketiga bautnya

Ini berarti, ayo ganti karet kupu-kupu! Untuk proses ini biar Hasan yang akan memandu. "Pertama tentu lepas batok lampu (gbr.1), agar bisa mencapai posisi bracket setang pada komstir," ungkap mekanik kurus ini. Nah, baru setelah dibuka akan terlihat tuh ada bracket setang pada komstir yang diikat dengan baut ukuran 12 sebanyak tiga buah.

Diantara ketiga baut ini ada karet, nah inilah yang oleh para mekanik disebut dengan karet kupu-kupu. Baru deh lepas ketiga baut tadi untuk melepas karet kupu-kupu (gbr.2). Tentunya saat melepas baut ini stang juga akan terlepas.


(gbr.3) karet juga ada yang dibelakang

Karet kupu-kupu ini posisinya berada pada dua tempat, yang pertama di bagian depan dan satunya ada di belakang (gbr.3). Makanya untuk melepasnya harus berhati-hati. "Baru setelah karet lama terlepas gantikan dengan karet baru. Urutannya kebalikan dari saat bongkar, mudah kan?" tanya Hasan.

Oya, hampir lupa sebelum bongkar beli dulu karet kupu-kupu ini. Jangan sampai setelah bongkar baru sadar enggak ada yang mau diganti, kan enggak lucu tuh! Bengkel Honda menjual karet ini sekitar Rp 6000an. Itu satu loh, kalau dua berarti Rp 12.000an. Murah kan? Udah mudah, murah lagi!

Hasan's Motor
Kelapa Dua, Kebon Jeruk
Jakarta Barat
0813 5315 117



Sponsored Links

Service Guidance - Ganti Sil Persneling Baru
Tak sedikit motormania yang cuek terhadap rembesan atau adanya kebocoran oli di besutannya. Padahal ...

Wuih! Honda Tiger dengan Monoshock di Samping
Nih, satu lagi terobosan modifikasi. Masih di soal sokbreker. Bila dari Pontianak seperti yang ditam...

Perawatan Motor - Deteksi problem di suzuki Satria FU lebih dini!
Pepatah bilang; tak ada gading yang tak retak. Gitu juga di motor, tak selalu sempurna. Pasti ada aj...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru