Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service guidance - Intake manifold Satria F150 bocor = boros BBM?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Jotos / Jotos

Tingginya jumlah penjualan motor di Tanah Air, sayangnya tak berbanding lurus dengan pengetahuan pemiliknya.

 

Artinya, pengguna motor umumnya cuma tahu pakai tok! Enggak ngerti perawatan. Sehingga, begitu didera masalah, baru deh kelimpungan alias bingung. 

 

 

 

 


Gambar 1

Gambar 1

 

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

Sebut aja Agus Prianto, penunggang Suzuki Satria F-150 keluaran 2007. "Tiba-tiba motor ngadat.

 

Gak jelas apa pemicunya," umpat warga Jl. Perintis Kemerdekaan No.1, Babakan, Tangerang sembari bilang, gara-gara itu dia tak bisa berdagang.

 

Cuma ya itu waktu ditanya soal perawatan, penjual agenda ini cuma bisa cengengesan. "Jarang dioprek-oprek. Gak Ngerti. Makanya begitu problem, saya bawa ke dealernya aja, Suzuki Tangerang yang enggak jauh dari rumah saya!" katanya enteng. 

 

Di sana pria yang biasa disapa Barok ini bertemu Agus Setiawan, kepala mekanik. Paham denga keluhan kliennya, Agus yang jago ngoprek mesin itu pun langsung membongkar dapur pacu besutan Barok. Setelah dicek, ternyata ada salah satu peranti yang enggak beres.

 

Apa? Ya, intake manifold (IM) (gbr.1). "Kelar diperiksa, ternyata IM-nya sobek," ucap Agus Setiawan. Kok bisa, ya? "Ya bisa lah, bahannya kan dari karet jadi mudah sobek. Apalagi kalo sering dibongkar pasang," lanjutnya.

 

 

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 

 


Gambar 4

Gambar 4

 

 

 

Nah, fungsi IM untuk menyalurkan BBM dari karburator ke ruang bakar yang ada di blok mesin. Nah, kalau part ini sobek, besutan motormania akan mengalami brebet, boros bensin dan RPM akan menjadi tinggi sendiri tanpa disetel gas.

 

Biar enggak repot, mending diganti baru. Buat menebus, IM baru cukup rogoh kocek Rp 117 ribu.

 

Kalau motormania mau bongkar sendiri, juga tak terlalu susah, kok. Yuk lihat cara pasangnya yang dikerjakan kepala mekanik Tangerang itu di Satria-F milik Agus Prianto.

 

 


Gambar 5

Gambar 5

 

Sebelum dibongkar siapkan perkakas yang dibutuhkan; obeng plus. Pertama, buka ke-2 baut plus cover tengah dengan obeng plus (gbr.2). Lalu lepaskan 11 baut sayap samping bagian depan (gbr.3). "Sayapnya kiri dan kanan, ya," bilangnya.

 

Selanjutnya, copot kleman karburator yang mengikat di IM (gbr.4). "Jangan lupa kleman yang depan juga ya," tutur pria yang membuka 2 baut IM di blok mesin (gbr.5).

 

Kalau sudah pasang IM yang baru. Oh iya, kalo sudah selesai jangan lupa pasang kembali peranti-peranti yang telah dibongkar tadi.

 

Sumber :Penulis/Foto: Jotos / Jotos - otomotifnet.com



Sponsored Links

Service Guidance - Cek sepul pengisian Suzuki Spin?
Suzuki Spin tergolong skutik keluaran lama, pastinya wajar kalo sudah mulai minta ganti onderdil ini...

Cara Ganti Sekring yang Putus
Bagi kebanyakan pemilik mobil, meski mungkin sudah tidak asing dengan nama sekring, tapi tak tahu le...

Jangan Panik Jika Muncul Bunyi Decitan dari CVT Skutik
Barangkali ada yang mengalami dengan skutiknya seperti ini. Saat jalan, dari CVT muncul suara decita...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru