Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service guidance - Kabel spidometer Suzuki Spin anda terutus?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: PENULIS: Pidav/FOTO : Aant

Di tengah perjalanan, Rika warga Kemanggisan, Jakbar ini sempat bingung pada besutannya Suzuki Spin. "Ketika motorku dipacu, jarum kilometernya enggak mau bergerak. Padahal gas sudah dimainkan. Kenapa, yah?" bingungnya.

 

Terpaksa deh, wanita ini pun mampir ke bengkel terdekat yang ia kenal. Setelah melakukan cek & ricek, "Sudah pasti dari kabel spidometernya yang putus," ucap Ryan pemilik bengkel Adea Motor (AM) di daerah Joglo, Jakbar. Bisa juga, toh?

 

 


Gambar 1

Gambar 1

 

 

 

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

 

 

 

Penyebab utamanya, dari gigi nanas gir spidonya kotor dan berkarat, "Kalo gir spidonya kena, putarannya jadi gak normal. Ini yang bikin beban lebih ke kabel spidometer, akibatnya putus kawat dalamnya," tambahnya. Part penggantinya ada?

 

Tenang, berhubung part ini lumayan jarang di pasaran, pria ini gak pernah kehabisan akal, "Bisa pakai kepunyaan Suzuki Smash kok. Sama persis dengan Spin, harganya pun lebih murah, Rp 25 ribu, dibanding aslinya Spin Rp 53 ribu," ungkapnya. Woow..!

 

Karena penyakitnya ketahuan, siap bongkar nih? Tapi sebelum memulai, pasang standar tengah dulu besutan Anda dan kita siapkan peralatan yang diperlukan. Selain part itu sendiri, juga obeng kembang, kunci ring 14 dan tang.

 

Proses awal kita kendurkan dan lepas dua spion dulu memakai tang. Selanjutnya, longgarkan dan copot tiga buah baut pengancing cover lampu tersebut menggunakan obeng kembang. Baut pertama berada di bawah lampu dan yang kedua di cover bagian dalam (gbr.1). Kemudian lepas batok dari posisinya.

 

 

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 

 

 

Next.. lepaskan sekrup kabel spidonya yang menempel dengan spidometer (gbr.2) dan juga sekrup kabel yang berada di gir spido memakai tang. Kalau sudah, ganti deh komponen yang sudah kita siapkan.

 

Berikutnya, buat mencopot gir spidonya, putar ke arah kanan dengan kunci ring 14 baut as rodanya hingga lepas. Tinggal kita tarik as rodanya dengan tangan, tetapi hanya sebatas setengah pelek saja yah.

 

Sudah? "Lap deh sama kain basah gigi nanas gir spidonya. Jangan pakai bensin, sebab bisa merusak sil girnya," sarannya. Untuk mengeringkan, cukup pakai kain bersih dan terakhir lumasi dengan gemuk lagi (gbr.3).

 

Kelar, langsung saja dirunut ulang yang sudah kita lakoni tadi di awal, saat kita mencopot bagian-bagian motor. Setalah itu rapikan lagi kerjaan kita.

 

Sumber :PENULIS: Pidav/FOTO : Aant - otomotifnet.com



Sponsored Links

Service Guidance - Trik-Trik Siap Menghadapi Banjir
Musim hujan telah hadir dan genangan air pun mulai melanda jalan ibukota dan daerah lainnya. Agar ke...

Upgrade Performance - Mix dan match part PnP Honda Blade 110?
Lantaran mengusung spesifikasi mesin yang benar-benar baru dibanding produk Honda lainnya, wajar bil...

Servis Karburator - Hindaki Kebakaran, Setel Pelampung Karburator
Banyak kasus kebocoran atau rembesan bensin dari karburator terjadi pada tunggangan motormania. Enta...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru