Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service GuidanceDeteksi Switch Pintu Malfungsi


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Sumber :Penulis/Foto:Bil/Johan -- otomotifnet.com

Switch pintu atau lebih keren disapa door switch hanyalah sebuah komponen mungil disudut pintu. Keberadaannya kerap disepelekan, dengan dibiarkan berkarat atau pin penonjok tetap tenggelam meski pintu sudah dibuka.

Padahal naik-turun pin dengan baik salah satu indikator switch bekerja sempurna. Misalnya mengaktifkan lampu kabin saat dibuka. Pada mobil terkini, peranti mungil ini kerap sudah terhubung dengan sistem keamanan atau alarm. Jadi jika malfungsi, maling jadi happy!

"Sekitar 90% mobil yang pakai alarm, hanya mengandalkan switch pintu sebagai pemicu kerja," terang Irvanto, GM PT Milenia Mega Mandiri(MMM), supplier ribuan alarm original equipment of manufacturer(OEM) di tanah air. Pada beberapa kasus mobil yang dijebol maling dengan membuka pintu, alarm ogah menyalak karena switch tidak bekerja saat pintu dibuka.

Yuk buruan cek kondisi switch pintu mobil Anda. Langkah mudahnya tidak perlu mengaktifkan alarm. Tapi posisikan saja tuas lampu interior ke tulisan 'DOOR'. Lantas buka pintu satu demi-satu. Pastikan lampu menyala saat pintu dibuka. Lakukan untuk semua pintu. Jika satu pintu tidak menyala, periksa switch pintu tersebut.


Posisikan pada DOOR untuk mengecek kerja switch

 

Switch yang baik terlihat kokoh dan per terlindung di dalam
 

Kotor dan karat menyebabkan kabel tidak terhubung saat switch dalam kondisi pintu terbuka

Coba tekan berulang-ulang switch tersebut. Bisa saja karena per di belakangnya kotor atau karat. Gunakan obeng kembang untuk membukanya, lalu semprotkan cairan penetran ke per dibalik karet switch. Cek juga apakah kabelnya masih tersambung. Jika putus bisa disolder ulang. Atau jika sekalian ingin diganti, bisa beli switch universal. "Harganya Rp 10 ribu/buah," terang Asun dari Garuda Motor, Pasar Mobil Kemayoran(PMK) blok A, Jakpus.

Kalau merasa switch universal kurang 'indah' dipandang, pilih saja yang orisinal bawaan pabrik. "Harganya lebih mahal. Rata-rata Rp 100 ribu/buah," terang Toto, dari M&M PMK yang menjual produk spare-part khusus Mitsubishi. Pilih mana? Yang penting aman!



Sponsored Links

Penyetelan Rantai
Bila jarak main (free play) rantai roda terlalu kecil, maka rantai roda akan semakin tegang oleh aki...

Mekanisme kopling
MEMERlKSA DAN MENYETEL PEDAL DAN SISTEM PENGGERAK KOPLING

Service Guidance - Lumasi Engsel Pintu Hilangakan Berisik
Perubahan suhu, air, debu dan kotoran bisa memberikan efek banyak. Pada mobil, salah satu dampaknya ...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru