Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Sokbreker Jupiter MX gampang jebol? ganti punya Nouvo Z coy!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Pidav / Pidav- otomotifnet.com

Setiap motormania, pasti punya masalah tersendiri terhadap tunggangannya. Seperti dialami Rommy Hamim pada Yamaha Jupiter MX 2007-nya. Kerap kali, peranti peredam kejut depannya mengalami kebocoran.

 

 

"Mungkin karena jalanan di Jakarta banyak lubangnya. Jadi, sering juga saya gonta-ganti sil sokbreker yang mengeluarkan uang enggak sedikit. Tapi apa ada solusi lain, ya?" ucap warga Gang Asem, Meruya Selatan, Jakbar setengah mengeluh.

 

 

Ada kok. Menurut Suherman dari bengkel Bem's Speed (BS), bisa pakai sok depan milik saudaranya; Yamaha Nouvo Z, "Selain mencarinya mudah, tabungnya juga lebih besar ketimbang MX. Jadi daya redamnya juga lebih lembut dan silnya enggak gampang bocor," terangnya.

 

 

 

Dibilang gede, karena tabung sok Nouvo Z yang harga per batangnya Rp 342.500 berdiameter lingkar tabung 540 mm, sedang punya MX; 400 mm. Lalu batang as-nya kalo punya Nouvo Z, 440 mm dan 300 mm milik MX.

 

Tapi susah enggak sih, masangnya? Gampang, tuh! Sediakan aja perkakasnya; obeng kembang, kunci ring 10, 14, 17, kunci L-10 biasa dan L-10 bintang. Jika sudah, parkir dan pasang standar tengah motor Anda biar lebih safety.

 

Pertama, kendurkan dan lepas baut as roda dengan kunci ring 14 di kiri dan ring 17 di sebelah kanan (gbr.1). Setelah roda lepas, taruh secara perlahan bagian depan motor Anda yang bertumpuan pada sok depan.

 

 

Lalu melepas empat baut penahan sepatbor, yang masing-masing dua baut di kanan dan dua lagi di kiri menggunakan kunci ring 10 dan juga melepas dua baut kaliper dengan kunci L-10 bintang (gbr.2).


Gambar 1

Gbr 1

 

 

 


Gambar 2

Gbr 2

 

 

 

 

 

 


Gambar 3

Gbr 3

 

 

 

 

 

 


Gambar 4

Gbr 4

 

 

 

 

 

 

 

 

Selanjutnya, lepas sayap bodi pakai obeng kembang. Berikutnya, longgarkan dan copot empat baut pegangan kedua sok di segi tiga bawah dengan kunci ring 14 (gbr.3). Setelah keempat baut tadi lepas, sok gak akan bisa langsung lepas dari segitiganya.

 

 

Trus? "Triknya, mesti melepas dulu tutup atas sok yang juga sebagai penahan, memakai kunci L-10 atau kunci ring 14," ucapnya sambil memberi tahu cara melepasnya (gbr.4).

 

 

Jika sudah, rakit ulang semuanya, tapi kini menggunakan sok Nouvo Z, "Ukuran volume olinya sebanyak 64 cc untuk setiap batangnya. Kalo kekerasan tinggal kita kurangi saja, biar sedikit lembut bantingannya. Kalo mau lebih keren lagi, pasang sepatbor variasinya," anjur Suherman.

 

 

 

Penulis/Foto: Pidav / Pidav- otomotifnet.com

 



Sponsored Links

Audio Mobil - Redesign Tata Suara All New City
All New Honda City yang resmi dirilis PT Honda Prospect Motor (HPM), Kamis (27/11) lalu, sistem tata...

Fungsi Kopling
Fungsi kopling adalah sebagai penghubung dan pemutus tenaga putaran mesin dari poros engkol

Peratawan Mesin - Prosedur ,menganti oli mesin?
Ritual yang wajib dilakoni agar mesin motor kesayangan tetap awet adalah dengan mengganti oli mesinn...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru