Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Substitusi Part Motor - Substitusi per kopling Kymco free LX!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Pidav

Karena merasa lambat dalam berakselerasi, bikin Syaiful warga Maruya, Jakbar yang juga pemilik Kymco Free LX ini gerah. "Setiap mau nyusul kendaraan lain,

 

suka gak yakin. Apalagi saat tanjakan, capek deh," keluhnya. Trus gimana, dunk?

Mau di-upgrade performa, nyari part pendukungnya masih agak jarang.

 

 

Ditambah, akibat 'konflik' di dalam manajemen PT Kymco Lippo Motor Indonesia (KLMI), banyak dealer yang tutup. Jadi tambah bingung aja dapetin komponen untuk skutik asal Taiwan itu. Kymco.. oh Kymco...!

 

 

Tapi tenang. Sutar, sahabatnya Syaiful yang juga mekanik andal dari Lautan Motor (LM) ini tak berhenti berkreasi. "Gak usah pusing. Soal akselerasi lemot, pasti masalahnya ada pada per koplingnya," bilang pria kreatif ini.

 

 


Gambar 1

Gambar 1

 

 

 

 

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

 

 

Maklum. Per itu kan ikut andil dalam mengurangi power mesin terbuang atau slip. "Idealnya, raungan mesin dan laju motor kan harus sama," ujarnya sembari bilang untuk mengatasi hal itu bisa pakai per kopling Yamaha Force-1. Lho?

 

Iya, sebab selain per-nya lebih tebal dan keras, mendapatkannya juga mudah. Di toko spare-part motor, khusus Yamaha masih banyak dijual. Harganya berkisar antara Rp 30-35 ribuan (punya Kymco tak bisa dibeli peretelan. Mesti satu paket dengan kampas kopling Rp 172.000).

 

Seperti biasa, sebagai panduan Anda, berikut ini praktik pemasangan dibantu Sutar dari LM. Pastinya, perkakas yang dibutuhkan adalah, kunci T-8, tang jepit yang ujungnya panjang, kunci sok 14 dan 2 buah special tools.

 

Let's do it. Pertama, parkir besutan di tempat aman pakai standar tengah. Lalu lepas semua baut pengancing cover mesin berjumlah 9 buah dengan kunci T-8.

 

 

Setelah itu, lanjutkan copot mur driven face atau rumah kopling pakai kunci khusus (seperti huruf Y) dan kunci sok 14 (gbr.1). "Kunci khusus hanya sebagai penahan saat mengendurkan mur rumah kopling," tambahnya.

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 

 


Gambar 4

Gambar 4

 

Sudah lepas rumah koplingnya? Buka mur penahan kopling itu pakai kunci khusus yang lain (gbr.2).

 

"Hati-hati saat melepas murnya, bagian pinggir mesti ditahan kaki dan tangan. Jika tidak, per CVT di dalam akan mendorong dengan keras ke atas, bisa kena muka, lo," wantinya.

 

Sekarang kelihatan deh per koplingnya. Lepasnya juga gampang kok, jepit aja pakai tang lancip (gbr.3).

 

Sekarang pasang per kopling Force-1. "Pakai per ini, daya cengkeram koplingnya lebih bagus," urai Sutar sambil menunjuk part penggantinya itu (gbr.4).

 

Beres, deh. Anda tinggal merangkai lagi part-part yang sudah dipereteli tadi. Ingat, lakukan pengetesan sebelum bawa skutik ini jauh-jauh.

 

Itu untuk memastikan kalo kerjaan yang kita lakukan sudah sukses tergarap. "Rasain aja, tarikan pasti terasa lebih responsif untuk stop and go," yakin Sutar.

 

Sumber :Penulis/Foto: Pidav - otomotifnet.com



Sponsored Links

Service Guidance - Knalpot Innova Disumbat Bensin Hemat
Knalpot disumbat jangan selalu dianggap berefek negatif. Buat sebagian mobil malah bikin konsumsi BB...

Kawasaki Ninja ZZR Masuk Juni 2010
Untuk memperkuat image sebagai pemain motor sport, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akan menambah j...

Perawatan motor - Cukup cek dan di bersihkan, beres!
Enggak cuma motor lawas bin berumur, yang baru juga bisa aja dihinggapi masalah. Pemicunya, tentu be...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru