Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia - Usah pusing setel kopling.. Avanza - Xenia


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Manut / Istimewa

Kopling Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tidak menggunakan sistem hidraulis. Jadi, masih pakai kabel kopling buat menarik garpu penekan dekrup.

 

Ada keuntungan menggunakan kabel ini, lo. Jika putus di jalan, mudah untuk menggantinya dan siap ngacir lagi. Tentu harus menyiapkan serepnya dulu, dong.

 

Coba dibandingkan dengan sistem hidraulis, kalau sudah rusak masternya, siap-siap nunggu mobil derek, tuh!

 

Akan tetapi, kerugiannya sistem kabel pun ada. Jika sudah lama digunakan, lambat laun kabel ini akan seret karena gesekan dan kotoran yang masuk melewati karet penahan debu.

 

 Kabel kopling ini bisa saja diganti atau dilumasi dengan oli. Namun perlu diingat dekrup dan kampas kopling kan ikutan menipis juga, lo. Imbasnya, pijakan pedal kopling bisa berubah.

 

 


Gambar 1

Gambar 1

 

 

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

 

 

 

Ah, usah pusing, soal gampang itu. Mau setel sendiri jarak main pedal koplingnya? Yuk kita lakukan bersama. Pertama, buka kap mesin dulu.

 

Lanjut intip ke bawah di antara pipa dipstick oli dan kolom stir. Tuh, ada mur plastik gede bentuk kembang. Sudah lihat, kan? Nah itu dia mur plastik penyetel pedal kopling (Gbr.1).

 

Putar ke kanan atau searah jam jam supaya jarak pijakan pedal kopling menjadi tinggi.

 

Atau sebaliknya, putar ke kiri alias berlawanan arah jarum jam untuk membuat pijakan menjadi dalam. Idealnya, jarak pijakan pedal kopling disetel pada posisi 50% dari pijakan paling dalam (Gbr.2).

 

Sumber :Penulis/Foto: Manut / Istimewa - otomotifnet.com



Sponsored Links

Bersih-Bersih Karat - Treatment Musim Hujan
Pasti biker sudah banyak yang tau, bahwa air hujan yang turun itu mengandung zat asam yang mampu mem...

Modifikasi Guidance - Innova Ceper Tanpa Jedag-Jedug
Punya Innova gaul, pelek besar dan sedikit ceper? Baru sedikit ceper kok di area belakang sudah jeda...

Aplikasi Engine Hours - Jarak Pacu VS Waktu
Wacana mengenai engine hours seakan merebak seiring kemacetan nan merajalela di Ibu Kota. OTOMOTIF m...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru