Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Upgrade Performance - Mix dan match part PnP Honda Blade 110?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: DiC

Gambar 1

 

 

 

 

 

 

 

Lantaran mengusung spesifikasi mesin yang benar-benar baru dibanding produk Honda lainnya, wajar bila komponen pendongkrak tenaga Blade 110 masih sepi di pasaran. Tapi Blademania tak perlu resah.

 

Sebab belakangan sudah ada beberapa produsen part aftermarket yang menggarap komponen high performance bersifat plug and play (PnP) buat bebek 110 cc sayap mengepak itu.

 

 

Apalagi sekarang banyak tim balap turut mengandalkan Blade di kan­cah adu kebut roda dua Tanah Air. Dan hasilnya cukup mengejutkan.

 

Blade langsung mampu bersaing dengan motor kompetitor sekelas yang notabene lebih dulu bercokol. Sehingga para produsen part racing mulai melirik motor ini sebagai lahan baru yang cukup menjanjikan.

 

Apa saja produk-produk tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut hasil tes menggunakan dynometer.

 

Gambar 2

 

 


CDI BRT Neo Dual Band


Bagi Anda yang berkocek pas-pasan, bisa pilih tipe Hyperband seharga Rp 400 ribu. Otak pengapian high performace tersebut tentunya telah disuntik kurva pengapian hasil mappingan paling optimal buat Blade standar maupun tune-up.

 

 

 

 

Gambar 3

 

 

 

 

Nah, bila knalpot Ahau Motor digabung peranti ini, tenaga maksimum Blade Anda bakal lebih terkoreksi lagi. Hasil tes kami menunjukkan peningkatan tenaga sebesar 0,21 dk dibanding kalau hanya pakai knalpot AM. Yakni jadi 8,47 dk di putaran 8.400 rpm atau melonjak hampir 1 dk (11,3%) dari kondisi standar full.

 

Knalpot Ahau Motor

 

Gambar 4

 

 


Seperti kita diketahui, saluran gas buang cukup signifikan menyumbang peningkatan tenaga mesin. Nah, salah satu pawang knalpot lokal yang mula-mula memelopori pembuatan saluran gas buang jenis free flow khusus untuk Blade adalah Ahau Motor (AM) yang bermarkas di Ruko Cibubur, Jaktim.

 

 

Selain untuk pacuan road race, AM juga menggarap versi hariannya. Namun bentuknya mirip dengan versi road race. Didistribusi Felix Motor di Bekasi dalam 2 jenis, vernis dan krom yang dibanderol mulai Rp 300-350 ribu.

 

 

Dari hasil uji dyno di markas Bintang Racing Team (BRT) Cibinong, Jabar, knalpot andalan AM ini mampu mendongkrak horse power Blade standar yang baru menempuh jarak 230 km sebanyak 6,54%. Yakni dari 7,61 dk/8.100 rpm jadi 8,26 dk/8.400 rpm. Selain itu juga sukses mengoreksi torsi Blade di putaran 6.100 rpm hingga atas.

 

Sumber :Penulis/Foto: DiC - otomotifnet.com



Sponsored Links

Service Guidance - Menghapus Goresan Di Jendela Kanvas
Jendela plastik transparan di kendaraan beratap kanvas, seperti pada jip atau sedan convertible buka...

Sokbreker depan Honda Vario CBS Techno - good bye jedag - jedug Vario Techno?
Ada rasa penasaran saat Mr. Testo test ride Honda Vario CBS Techno. Sokbreker depannya terasa lebih ...

Memilih Sokbreker - Cara tepat memilih sokbreker aftermarket?
Kurang puas dengan performa suspensi kendaraan? Paket suspensi aftermarket telah tersedia banyak di ...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru