Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Utilitas - Do & Donít Dalam Perawatan Helm


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto : Atenx

Ada slogan 'half your life, is in your helmet'. Dari kalimat tersebut, sudah jelas betapa pentingnya peran sebuah helm bagi keselamatan pengendara roda dua. Pokoknya, fakta ini enggak terbantahkan, deh!

Nah, percaya enggak percaya, optimalnya tugas sebuah helm menjaga batok kepala juga ditentukan dengan bagaimana cara kita merawat peranti itu sendiri. Kalau enggak dirawat, bakal enggak nyaman saat dipakai, dan parahnya bisa berakibat fatal lo! Nah, enggak mau kan batok kelapa, eh maksudnya batok kepala yang enggak ternilai harganya dan merupakan aset paling berharga ini kenapa-kenapa! Nah, berikut adalah panduan mengenai hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada helm kesayangan.


Mencuci Helm
Di beberapa tempat, kini sudah tersedia jasa after sales servis seperti penggantian busa atau laundry helm. WowÖ! Meski praktis, masih ada pemilik helm yang mencuci peranti bundar itu sendiri di rumah. "Itu boleh saja, tapi harus tahu aturannya," ujar Lia Risky dari Indo­safety di daerah Ciledug, Tangerang.

Terpenting, saat mencuci adalah kondisi air yang bersih dan hangat. Sabun yang digunakan untuk membersihkan busa bagian dalam juga enggak bisa sembarangan. "Sampo untuk anak-anak bisa jadi pilihan yang netral," ujar wanita ramah ini. Ada noda membandel pada bagian busa helm? Silakan dibersihkan pakai sikat gigi yang bertekstur lentur dan lembut. Waktu pencucian jangan terlalu lama dan kalau sudah bersih, keringkan dengan angin sejuk. "Jangan pakai hair dryer, karena bisa bikin kontur busa bagian dalam menipis," wanti Lia.

Perlakuan Kaca Helm
Visor helm mempunyai fungsi agar muka pengendara enggak langsung terembus angin dan debu. Nah, salahnya visor helm ini terkadang rusak atau baret karena perlakuan salah. Padahal, visor itu bagian terpenting di helm, lo! Biasanya, visor sering dibersihkan pakai chamois. Padahal, bahan itu mampu menyerap debu dan kerikil halus. Visor pasti baret kalau dibersihkan pakai lap itu yang notabene juga kadang digunakan untuk menyeka benda lain. Ya kan? Ngaku deh!

Biar enggak baret gimana, dong? "Bersihkan pakai media yang lembut seperti kapas atau tisu," tutup Lia yang juga bilang hati-hati saat membersihkan kaca bagian dalam, karena punya permukaan yang lebih sensitif.

Sumber : Penulis/Foto : Atenx - otomotifnet.com



Sponsored Links

Perbaiki Drat Busi Dol : Cara hemat, hasil akurat..
Seringkali kejadian, memasang busi dengan posisi kurang pas (miring) sehingga ulir rumah busi termak...

All New Honda Jazz - ECU mugen dongkrak 20 DK bro!
Dunia balap sudah pasti ada faktor penting untuk meningkatkan performa mobil. Yang masih hangat yakn...

Modification guidance - Bore-Up Jupiter MX dengan si blok Vixion..
Dengan menjejalkan piston Suzuki Thunder yang berdiameter 57 mm ke dalam silinder Yamaha Jupiter MX,...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru