Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Utilitas - Mengatur Fitur Auto Dimmer dan Black Out


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis / Foto : Anton - otomotifnet.com

Fitur auto dimmer yang berfungsi untuk menyesuaikan pencahayaan dari LCD monitor, sebenarnya sudah tersedia pada monitor head unit (HU). Sayangnya tidak semua tipe HU monitor dilengkapi teknologi penyelaras output cahaya dari LCD ini.

Auto dimmer bekerja berdasarkan kondisi pencahayaan di kabin mobil. Saat siang hari, dimana jumlah cahaya cukup banyak, volume cahaya yang dipancarkan dari LCD monitor sangat banyak.

Tujuannya agar tampilan gambar tetap jelas. Sementara di malam hari, dimana volume cahaya sangat minim, tingkat keterangan LCD akan menurun secara otomatis.

Kekurangan HU monitor yang belum dilengkapi fitur auto dimmer, saat malam hari pengemudi kerap direpotkan dengan pantulan cahaya yang terlalu terang dari layar LCD. Alhasil penglihatan ke arah jalan menjadi terganggu. Kondisi ini sangat berbahaya, terutama saat menempuh jarak cukup jauh.

Kiat sederhana bisa dengan cara manual. Yaitu mengatur opsi brightness dan contras dari fitur pengatur tampilan gambar, pada HU monitor yang belum dilengkapi fitur auto dimmer. "Ubah level brightness ke level lebih rendah, dibarengi dengan mengatur ulang tingkat contras beberapa step ke bawah," ujar Eddy Soesanto dari Cartens Car Audio di pusat onderdil Duta Mas, Fatmawati, Jaksel.


Fitur black out bisa juga untuk menjaga kenyamanan (kiri) atau setting dengan cara manual (kanan)

Jangan lupa menambah tingkat ketajaman gambar, lewat opsi sharpness, supaya kualitas gambar tidak menurun drastis jika ada penumpang yang tetap pengin menonton acara TV atau memutar DVD. Trik lainnya bisa dengan melapisi layar monitor dengan pelapis plastik seperti lapisan antigores. Pilih yang berwarna agak pekat, seperti putih. Tapi jangan terlampau tebal, karena malah bisa mengganggu tampilan gambar pada layar monitor.

Cara lain jika hanya ingin mendengarkan musik dari CD audio, cukup aktifkan fitur black out. Fungsinya supaya layar monitor bisa sepenuhnya mati, tapi musik tetap jalan terus. Umumnya monitor HU sudah dilengkapi fitur ini. Seperti Sony dan Alpine.



Sponsored Links

Suzuki Shogun 125SP - Upgrade performa shogun 125sp, tambah beringas dan gahar!
Soal upgrade performa besutan, kali ini Mr. Testo mau menjawab permintaan Rizky Qtoet lewat email (m...

Usir hawa panas kabin dengan sunshade biar cepat dingin!
Semua orang suka dengan hari yang cerah. Tetapi panas matahari dengan sinar ultraviolet (UV) tinggi,...

Service Guidance - Deteksi Problem Disk Brake Dari Bunyi
Ada 3 bunyi khas (nguuk-nguuk, sring-sring & srek-sreek) yang sering timbul pada sistem pengereman y...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru