Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil
Memperbaiki Mobil
Merakit Mobil
Perawatan Mobil
Tips Trik Mobil

Kategori Sepeda Motor
Fungsi Spare Part Motor
Memperbaiki Motor
Merakit Motor
Perawatan Motor
Tips Trik Motor



** Produk Pilihan **
Untuk membeli, klik tombol Beli pada halaman selanjutnya

Jam tangan Speedo, cocok untuk yang terobsesi dengan kecepatan & waktu, 2 elemen yang paling disukai orang otomotif, untuk hadiah atau diri sendiri, pamerkan kepada teman-teman anda murah hanya
Rp84.000



Pengukur tekanan ban digital, praktis & akurat. Jika tekanan ban terlalu kencang akan mudah meledak, jika tekanan kurang akan mudah aus, hindari & hemat biaya sering mengganti ban dengan alat ini.
5 in 1 dengan fungsi tambahan, bisa sekaligus sebagai palu, pisau kecil, lampu putih, lampu red darurat!
Rp150.000



Rak mobil - membuat barang tertata rapi, sehingga mudah ditaruh & diambil, car organizer
Rp61.000


Produk Mobil / Sepeda Motor Lainnya
  

Djarum Black Tips - Deteksi Mesin Lewat Warna Oli

 Print this page 

Author: www.autoblackthrough.com - otomotifnet.com

 

Mengetahui kerusakan mesin sejak dini bisa mencegah keluarnya ongkos lebih banyak. Coba bayangin seandainya mobil overhead karena pelumasnya berkurang, tetap dipaksa jalan. Bisa-bisa seluruh komponen yang bergesekan akan berantakan. Kalau sudah begini pasti akan keluar ongkos lebih banyak bukan?
 
Nah, untuk itu OTOMOTIFNET.COM konsen membahas panduan tips dan modifikasi buat pembaca sekalian. Maksudnya jelas, agar kita bisa saling mengingatkan. Sebab kalau ada masukan atau saran tinggal kirim komentar di bawah artikel. Semudah orang bisa berinteraksi.
 
Balik lagi seputar mengetahui mesin sejak dini, ternyata bisa dideteksi lewat warna oli. Ya ibarat air dimasukkan ke dalam wadah yang bersih, jika dituang keluar pasti tetap akan jernih. Berbeda jika tempat yang digunakan bagian dalamnya ada yang keropos atau kotor, pasti warnanya akan berubah pula. Hal yang sama seperti kondisi oli di dalam mesin.
 
"Perubahan warna oli mesin bisa menentukan apakah komponen di dalam dapur pacu masih sehat atau sudah banyak kerusakan. Cukup dari warna oli saja bisa untuk menyimpulkan kondisi mesin," ujar Akon dari bengkel ART di bilangan Jl. Panjang, Kedoya, Jakbar. Seperti apa saja sih warnanya?
 
KUNING BENING
Ini jika kondisi oli masih bagus dan baru. Keadaan mesin juga belum dinyalakan. Atau jika sudah dihidupkan belum terlalu lama. "Kebanyakan oli berkelir kuning bening, kalau aslinya enggak kuning bisa saja. Tetapi pada umumnya kuning," terang Akon lagi.
 
COKELAT KEKUNINGAN
Biasanya karena mesin sudah pernah digunakan untuk berjalan. Kondisi masih terbilang normal, kalau dihitung jarak sekitar 1.000-2.000 km. "Enggak perlu pergantian, cukup digunakan hingga jarak tempuh habis."
 
Periksa Oli
 
HITAM
Oli mesin berwarna hitam disebabkan mobil sudah berjalan sekitar 3.000-4.000 km. Sebaiknya diganti dengan yang baru, maksimal pemakaian hingga 5.000 km. Lebih dari itu mesin bisa cepat panas. Akibatnya bisa merusak komponen mesin.
Tetapi jika baru dipakai beberapa minggu oli sudah hitam, berarti bagian dalam mesin ada masalah. "Bisa disebabkan dari banyaknya kerak di dalam mesin karena usia mobil sudah lebih dari lima tahun."
Mengatasinya bisa dengan melakukan flush dan mengganti oli serta filter baru. Pembilasan bisa dilakukan 2 atau 3 kali agar lebih bersih.
 
HITAM KOTOR
Kotor di sini maksudnya adalah oli bercampur gram atau butiran besi halus sisa gesekan antarkomponen. Artinya peranti bagian dalam dapur pacu sudah ada yang aus.
Oli yang sudah lama dipakai menyebabkan fungsi pelumasannya berkurang. Apabila tidak segera diganti, suhu mesin cepat naik dan gesekan antarkomponen yang tidak berlapis oli mengakibatkan komponen cepat aus ditandainya munculnya butiran besi tadi.
Tetapi selama tidak ada bunyi kasar yang timbul dari dalam, mesin masih bisa dipakai. Namun seharusnya segera ganti oli dan filter dengan yang baru. Dan disarankan pula untuk memeriksa komponen dalam mesin.
Jika dibiarkan akan menimbulkan kerusakan komponen, seperti metal jalan, metal duduk bahkan dinding silinder akan baret. Kalau sudah begini bisa keluar biaya sekitar Rp 5-6 juta buat turun mesin.
 
PUTIH SUSU
Hal ini akibat tercampurnya oli dengan air. Penyebabnya bisa dari paking head rembes, oil cooler bocor atau dudukan filter oli. Seperti Isuzu Panther, Daihatsu Feroza, Taruna dan lainnya. Sehingga jika ada kebocoran air dapat masuk tercampur dengan pelumas. Kalau sudah begini ganti peranti pendingin oli dan filter dengan yang baru. Harganya berkisar Rp 700 ribuan.
 
Jika oil cooler masih bagus, penyebab lainnya bisa karena kondisi mesin yang sering panas. Bisa karena kipas rusak, thermostat macet dan lainnya. Akibatnya lama-lama packing head melengkung sehingga air bisa masuk dari luar saat mencuci. Mau enggak mau harus turun setengah.
Ganti packing baru dan silinder head dibubut biar rata. Biayanya kurang lebih 2 jutaan. Kalau dibiarkan bisa menimbulkan munculnya gram (butiran besi) dan merusak onderdil mesin yang lain. Bagaimana, gampang bukan?

Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **

Modification guidance - membikin kopling manual Honda Blade!
Bagi pemilik Honda Blade yang doyan kecepatan, tentu kurang lengkap rasanya kalau masih pakai sistem...

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia - Usah pusing setel kopling.. Avanza - Xenia
Kopling Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tidak menggunakan sistem hidraulis. Jadi, masih pakai kabel...

Ini Dia Tips Berkendara Aman Saat Hujan
Hujan yang turun di Ibu Kota sejak Senin (18/1/2010) malam mengakibatkan munculnya genangan di beber...



** Produk Pilihan **
Untuk membeli, klik tombol Beli pada halaman selanjutnya

5 in 1 Kenmaster, alat multifungsi saat darurat :
- Jump Starter (Pengganti aki mobil mati)
- Pompa ban
- Lampu penerang jalan (Pengganti lampu mobil/motor yang rusak, taruh di jendela atau tempat lain)
- Power Bank (charger handphone/tablet/gadget)
- DC Output 12V
Rp799.000



Uniqtro Racun Api Mini
Sangat efektif memadamkan api dalam sekejap jika ada bagian terbakar, wajib untuk mobil/truk, bisa juga untuk motor. Sangat murah dibandingkan mobil anda terbakar seluruhnya, hanya
Rp130.000


Pembersih Kaca Windshield
- Menjangkau Tempat Sulit
- Mampu membersihkan hanya dengan air biasa, hasilnya kaca anda tampak bersinar
- Bahan Aman untuk kaca
- Cocok untuk perjalanan jauh, menghilangkan kabut & kelembaban kaca mobil
- Untuk semua ukuran mobil, truk, SUV dan bahkan RV
Rp124.999



Copyright 2008-2013 Otomotif.web.id
Artikel dan komentar merupakan tulisan dan sumbangan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru