Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

Kategori Mobil
Fungsi Spare Part Mobil
Memperbaiki Mobil
Merakit Mobil
Perawatan Mobil
Tips Trik Mobil

Kategori Sepeda Motor
Fungsi Spare Part Motor
Memperbaiki Motor
Merakit Motor
Perawatan Motor
Tips Trik Motor



** Produk Pilihan **
Untuk membeli, klik tombol Beli pada halaman selanjutnya

Jam tangan Speedo, cocok untuk yang terobsesi dengan kecepatan & waktu, 2 elemen yang paling disukai orang otomotif, untuk hadiah atau diri sendiri, pamerkan kepada teman-teman anda murah hanya
Rp84.000



Pengukur tekanan ban digital, praktis & akurat. Jika tekanan ban terlalu kencang akan mudah meledak, jika tekanan kurang akan mudah aus, hindari & hemat biaya sering mengganti ban dengan alat ini.
5 in 1 dengan fungsi tambahan, bisa sekaligus sebagai palu, pisau kecil, lampu putih, lampu red darurat!
Rp150.000



Rak mobil - membuat barang tertata rapi, sehingga mudah ditaruh & diambil, car organizer
Rp61.000


Produk Mobil / Sepeda Motor Lainnya
  

Service Guidance - Perawatan CVT Honda Vario

 Print this page 

Author: Penulis/foto: Banar - otomotifnet.com


Gambar 1

Gambar 2

Gambar 3

Gambar 4

Gambar 5

Bedanya skutik (skuter matik) dibanding motor biasa, perawatan skutik enggak bisa cuma mesin doang. Secara berkala komponen transmisi otomatisnya atau CVT juga perlu perawatan. Kalau sampai ada masalah bisa berabe tuh. Udah larinya lelet, suaranya pun berisik.

"Kalau rumah CVT atau komponen CVT kemasukan kotoran dan kena minyak, akan mengganggu kerja CVT. Akibatnya timbul bunyi berisik dari ruang CVT," ulas Adi Sutisna yang buka gerai khusus skutik RC Speed di Jl. Rempoa Raya No. 7 Ciputat Jakarta Selatan.

Di dalam CVT terbagi 2 bagian yang dihubungkan oleh drive belt (belt penggerak). Bagian depan terdiri dari drive pully face (pully penggerak depan), movable drive face, weight rollers (roller) dan ramp plate. Bagian belakang terdiri dari centrifugal clutch (kopling sentrifugal), movable driven face dan driven face. Puli depan biasa disebut puli primer dan belakangnya dinamakan puli sekunder.

Komponen-komponen tersebut harus diperhatikan kebersihannya. Perlu diperiksa rutin maksimal 6 bulan sekali (tiap 4000 Km). "Harus bersih dari kotoran maupun minyak. Kalau ada kotoran yang menempel pada belt maupun komponen lain akan mengganggu kinerja CVT, akibatnya timbul bunyi krotok..krotok.. didalam CVT," ulas Syafrudin, kepala bengkel Clara Motor II di Jl. Arteri Kelapa Dua No 5, Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Bongkar CVT
Untuk perawatan dan pengecekan tidak terlalu susah. Mari kita praktikkan pada Honda Vario. Buka cover CVT pakai kunci T 8 (Gbr. 1), lepas baut selang udara pakai obeng plus. Setelah cover CVT dilepas, buka mur crankshaft pakai kunci sok 22 dan buka mur drive shaft pakai kunci sok 19. Tapi sebelumnnya drive pully dan driven pully ditahan pakai traker penahan pully. Lepas semua komponen baik depan maupun belakang.

Pemeriksaan Khusus
Periksa kondisi masing-masing peranti pakai sikmat. Cek lebar drive belt. Minimal 18 mm (standar 19 mm) kalau kurang harus diganti. Periksa kondisi drive belt apakah retak atau tidak, dengan cara dibalik yang kemudian ditekuk. Kalau ada keretakan wajib diganti (Gbr.2).

Periksa tapak dalam flywheel (tromol kopling), bersihkan permukaan dalam pakai ampelas halus. Kalau sudah kemakannya dalam juga harus diganti (Gbr.3). "Kalau sudah aus/kemakan, kerja kampas sentrifugal jadi lambat sehingga transfer tenaga juga ikut lelet, akibatnya skutik bisa tambah boros BBM," tambah Adi.

Cek kondisi roller, kalau ada yang rusak atau peyang (tidak rata) harus diganti keenamnya meskipun hanya 1 yang rusak (Gbr.4). "Kalau cuma diganti yang rusak saja percuma, karena keausan yang lain juga berbeda sehingga kerja antara yang satu dengan yang lain tidak rata," tambah pria ramah ini.

Ketebalan roller tidak boleh kurang dari 17,5 mm (standar 17,92 - 18,08 mm). Kalau kurang dari standar juga wajib diganti.

Jangan lupa cek ketebalan kampas sentrifugal (Gbr.5). Ketebalan minimum 2 mm, kalau aus/tipis segera diganti. "Kerjanya menekan flywheel sehingga transfer tenaga dari penggerak diteruskan ke roda. Kalau kampas sentrifugal aus/tipis maka transfer tenaga jadi lambat dan besutan jalannya lelet," tutup pria yang suka bercanda ini.

RC Speed : 0811 8439 80


Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **

Panduan Perawatan Motor - Efek Telat Ganti Kampas Rem
Telat ganti kampas rem cakram bisa berakibat fatal. Kampas rem yang sudah habis lapisan asbesnya bis...

Combi Brake Universal - Combi brake universal ala adi sutisno bisa buat semua skutik
Hingga saat ini, memang baru Honda yang punya teknologi pengereman ganda alias combi brake system (C...

Panduan Memasang Roda - Salah putar, baut roda patah bro!
Sepenuh tenaga mur roda pun dikencangkan dengan bantuan kaki. Lalu terdengar bunyi kreeekkkk..., bar...



** Produk Pilihan **
Untuk membeli, klik tombol Beli pada halaman selanjutnya

5 in 1 Kenmaster, alat multifungsi saat darurat :
- Jump Starter (Pengganti aki mobil mati)
- Pompa ban
- Lampu penerang jalan (Pengganti lampu mobil/motor yang rusak, taruh di jendela atau tempat lain)
- Power Bank (charger handphone/tablet/gadget)
- DC Output 12V
Rp799.000



Uniqtro Racun Api Mini
Sangat efektif memadamkan api dalam sekejap jika ada bagian terbakar, wajib untuk mobil/truk, bisa juga untuk motor. Sangat murah dibandingkan mobil anda terbakar seluruhnya, hanya
Rp130.000


Pembersih Kaca Windshield
- Menjangkau Tempat Sulit
- Mampu membersihkan hanya dengan air biasa, hasilnya kaca anda tampak bersinar
- Bahan Aman untuk kaca
- Cocok untuk perjalanan jauh, menghilangkan kabut & kelembaban kaca mobil
- Untuk semua ukuran mobil, truk, SUV dan bahkan RV
Rp124.999



Copyright 2008-2013 Otomotif.web.id
Artikel dan komentar merupakan tulisan dan sumbangan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru