Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Aplikasi Sein Part Bajaj Pulsar - Bikin Sein Motor ala Mobil


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis : Oct - otomotifnet.com


Banyak pemilik motor yang suka kelupaan, kalo habis nyalahin sein, eh lupa matiin lagi. Ini bisa bikin bingung pengguna jalan lain, lo. Sebenarnya mau belok atau enggak, sih? Bukan mustahil, bokong besutan langsung disosor dari belakang. Adaw...!

Nah, daripada mengalami hal itu, mending kita bikin sein motor Anda seperti mobil. Maksudnya? Ya, gitu deh... prinsipnya sein akan mati sendiri begitu setang kembali lurus. Jadi, kita enggak perlu repot-repot matiin lagi, kan?

Mau? Gampang, kok bikinnya. Comot aja part sein punya motor India, Bajaj Pulsar. Baik yang tipe 180 atau 200 DTS-i udah menganut metode begitu, loh. Komponen pendukung kinerja sein otomatisnya hanya ada tiga buah (gbr.1).

Masing-masing terdiri dari sensor sebanyak 2 buah sebagai pemicu yang ada di komstir. "Lalu ada pula perangkat PCU sebagai pengontrol arus listriknya," kata Asep dari PaDepokan Motor Sport (PMS) di daerah Depok, Jabar.

Nah, sebagai pemicu untuk mematikan fungsi sein adalah, saat keduanya bertemu sejajar. "Yakni sekembalinya setang motor dari posisi berbelok ke arah lurus (gbr.2)," sambung Asep. Tapi ingat, setting dudukan yang pas buat kedua sensor sebelum dipasang. Letak sensornya, yang ada hubungan dengan PCU di atas dan sensor lainnya berhadapan dengan sensor yang atas.



Untuk pasang di motor lain, misal Honda Tiger, rumah switch seinnya enggak bisa pakai standar. Sebab keduanya ada perbedaan mekanis (gbr.3). "Punya Pulsar fungsinya hanya geser kanan dan kiri. Bawaan Tiger, dengan memencet switch tersebut sein langsung mati," urai Asep. "Solusinya, agar bisa sesuai tentu saja memakai rumah switch bawaan Pulsar."




Dengan pakai rumah sakelar asli Pulsar, memudahkan setting. "Tinggal colokin soket kaki 8 warna hitam yang di rumah switch dengan yang di PCU (gbr.4)," paparnya seraya bilang biaya bikin sein seperti Rp 338 ribu.






Perinciannya, dana untuk beli dua pemicu alias sensor sekitar Rp 25 ribu. Lalu untuk menebus perangkat PCU Rp 180 ribu. "Sedangkan untuk rumah switch punya Pulsar, satu buah harganya Rp 133 ribu," beber pria ramah ini (gbr.5).














Sponsored Links

Memeriksa Karburator
Karburator membuat butir-butir bensin mengapung dan bercampur dengan udara sebelum diberikan ke sili...

Transmisi Manual - Bushing Tongkat Transmisi Manual Longgar?
Maksud hati ingin pindah gigi dengan cepat saat menyalip kendaraan di depan.

Service Guidance - Bikin Nyaman Daihatsu Gran Max (1)
Meski ada beberapa varian minibus, Daihatsu Gran Max juga disiapkan sebagai kuda beban. Maksudnya, s...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru