Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Bajaj Pulsar 135LS; "Handling" Mudah dan Tenaga Cukup Agresif


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Editor: bastian - otomotif.kompas.com

Tenaga oke dan handling terasa ringan
 
 
 - PT Bajaj Auto Indonesia, produsen motor India di Indonesia baru memasarkan model sport terbarunya, Pulsar 135 LS. Nama belakang itu identik dengan tipe kendarannya, yakni light sport. Selain itu, "Varian ini juga identik dengan performa," komentar K.S. Grihapathy, Presdir BAI.

Benar-tidaknya ucapan itu, Em-Plus melakukan first ride dengan berbagai medan. Tapi, paling utama melaju di keramaian lalu lulintas. Ternyata, sesuai dengan namanya yang sport ringan.

Dengan bobot kosong 122 kg, motor terasa ringan diajak menuver di antara deretan mobil yang memenuhi badan jalan. Handling yang enak, bisa juga dari ergonimi yang ditawarkan, termasuk dengan model setang jepit.

Kendati tidak sepuhnya menjepit sok depan, karena setang lebih berdiri di atas segitiga, justru ini bagai kelebihannya. Badan merunduk untuk hindari terpaan angin pun nyeman dilakukan.

Soal tenaga, menurut Vaibhav Gupta (Marketing&Customer Satisfaction GM BAI), mesin Pulsar 135LS menghasilkan tenaga yang setara motor sport berkapasitas 150 cc dengan tenaga 13,5 HP. Kebetulan ada trek lurus 500 meter, di situ pembuktian ucapan Gupta, ternyata cukup agresif. Dan kecepatan tertinggi 120 km/jam didapat pada lintasan panjang itu.

Bagaimana kecepatan maksimum tiap gigi? Untuk gigi I, dicapai 45 km/jam sebelum suplai pengapian sentuh limiter CDI di 10.000 rpm. Gigi II, jarum spidometer mencapai 65 km/jam dan gigi V capai 120 km/jam. Tapi kecepatan maksimum, rasanya masih bisa dinaikkan lagi.

Bisa setinggi itu kecepatan motor, mungkin lantaran tenaga Pulsar mengaplikasi empat klep. Trus, pengabutan dibakar dua busi yang jadi ciri klhas Bajaj. "Setidaknya, teknologi ini yang pertama di dunia dengan mesin 4 katup dan busi kembar. Sehingga tercipta efisiensi dan power," sebut Grihapathy. (Eka)

 



Sponsored Links

Service Guidance - Perawatan CVT Honda Vario
Bedanya skutik (skuter matik) dibanding motor biasa, perawatan skutik enggak bisa cuma mesin doang. ...

Service Guidance - Ganti Karet Wiper
Fungsinya tidak hanya menghapus tetesan air yang hinggap di permukaan kaca depan. Tapi berguna juga ...

POROS GARDAN
(PROPELLER SHAFT) Pada mobil dengan mesin di depan dan penggeraknya roda belakang, tenaga putar da...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru