Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Bikin Sasis Kinclong Yuk!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: Atenx


 Bagi bikers yang kebetulan dalam kategori kaum metroseksual, enggak hanya penampilan diri saja yang diperhatikan. Tampang besutan setiap saat juga dipantau dong, agar tetap bersih dan kinclong.

Nah bila melihat kondisi cuaca saat ini yang curah hujannya cukup tinggi, pasti bikin Anda kerepotan. Gimana tidak, banyaknya genangan air bikin besutan cepat kotor. "Motor jadi kurang sedap dipandang kalau terdapat noda-noda cipratan air hujan. Belum lagi kalau air itu mengandung lumpur, jadi butek deh Suzuki Thunder gue. Terutama di bagian rangka," ujar Fitrianto, cowok yang masuk dalam kategori biker metroseksual ini.

Selain memang bikin percaya diri luntur, air hujan yang mengandung zat garam bisa bikin besi berkarat. "Lihat saja bagian sasis yang cat antikaratnya terkelupas dan terkena hujan. Lama-lama akan timbul bercak wana kuning (karat)," ucap Julius dari bengkel Johnny Hole Motor (JHM) di daerah Daan Mogot, Jakbar.

Karena proses pembetukan karatnya enggak dalam waktu dekat, maka bila sasis terkena air hujan jangan keburu panik dulu. Namun kejadian tersebut tetap mesti diperhatikan dan secepatnya diatasi. Mau tau caranya? Simak deh tips ala mekanik JHM ini.

"Langkah pertama siapkan semir ban jenis spray sebagai cairan pembersih bercak pada sasis. "Mesti yang model spray, soalnya yang cair malah bisa bikin sasis kelihatan kumel," wanti pria yang punya sapaan akrab Om Johnn (gbr.1).

Cairan pembersih sudah di tangan? Sekarang tinggal disemprotkan! Eits tapi jangan keburu nafsu dulu, sebelumnya tanggalkan cover yang menutupi lekukan-lekukan seksi sasis motor dan jangan lupa seka dulu kotoran yang menempel pada sasis pakai kain lap basah.

"Jangan lupa tutup kabel bodi yang sudah terkelupas dengan isolasi. Agar bagian kelistrikan motor tidak korslet saat proses bersih-bersih," tambah pria ramah ini.

Bila memang sudah diseka bersih, baru deh semprotkan cairan semir ban ke seluruh bagian sasis. "Ingat, busa cairan tersebut jangan langsung dibersihkan. Biarkan saja sampai cairan busanya turun sendiri, bercampur kotoran," ujar Om Johnn (gbr.2).

Selanjutnya, silakan lap sasis pakai kain kering yang lembut sampai kelihatan mengilap (gbr.3). Terakhir, tinggal rakit lagi bodi-bodi Thunder yang sudah dilepas tadi. Oh iya, tips ini juga bisa mencegah karat di sasis, lo!

Enggak percaya? "Cairan pada semir ban yang digunakan tadi menyisakan sejenis zat minyak. Zat tersebut bikin air hujan ogah nemplok di sasis," tutup Om Johnn.

Sumber : Penulis: Atenx - otomotifnet.com



Sponsored Links

Modification guidance - membikin kopling manual Honda Blade!
Bagi pemilik Honda Blade yang doyan kecepatan, tentu kurang lengkap rasanya kalau masih pakai sistem...

Kijang Innova & Fortuner Diesel - Upgrade Performa Kijang Innova (1)
Varian diesel dari Toyota Kijang Innova sempat menghilang dari peredaran. Namun tahun silam kembali ...

Perawatan rutin
perawatan dan pemeliharaan sehari-hari secara rutin terhadap sepeda motor. sebetulnya jauh l...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru