Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Do it Yourself - Ganti Oli Sokbreker Sendiri


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: Banar

Buat motormania yang besutannya sudah lebih dari 1 tahun atau sudah menempuh jarak sekitar 15.000-20.000 km, jangan lupa ganti oli sokbreker depan lo. Sebab pelumas ini yang mendukung kinerja sok bisa jadi empuk, sehingga rider lebih nyaman.

Kalo lama gak diganti, fungsi peredaman jadi berkurang, terlebih saat menerjang lubang atau polisi tidur. “Selain itu bisa memicu tabung sok (as sok) baret, sehingga oli sok bocor,” ujar Aris, mekanik Willy Motor di Jl. Meruya Ilir, Jakbar.

Penggantian bisa dilakukan sendiri, kok. Nih, dipraktikkan Aris pada Yamaha Jupiter Z. Peralatannya kunci pas/T-8, kunci pas 14, ring 17 dan kunci L 10. Sedang harga oli sok baru (isi 2 botol kecil ukuran 110 ml ) cukup rogoh kocek Rp 5-10 ribu.

Langkah awal, posisikan besutan pakai standar tengah. Lalu lanjutkan melepas roda dengan cara membuka baut as roda depan pakai kunci ring 17. Lalu buka 2 baut pengikat cover sok kiri dan kanan menggunakan kunci T-8 (gbr.1).

Terus, kendurin baut pengikat lubang pengisian oli sok bagian atas pakai kunci L-10 (gbr.2). Lalu kendurkan/lepas baut pengikat as sok depan (kiri dan kanan) pakai kunci pas 14 (gbr.3). Lantas lepas as sok dengan cara cukup ditarik ke bawah.

Setelah as sok terlepas, tuangkan oli sok bekas ke nampan/tempat pembuangan oli (gbr.4). “Tapi terlebih dulu lepas baut pengikat lubang pengisian as sok yang sudah kendur tadi beserta per-nya,” anjur pria bertubuh kurus ini.

Biarkan oli keluar sendiri sampai habis. “Kalau mau lebih bersih serta untuk membuang kotoran/lumpur yang mengendap di dalam, bisa dicuci pakai bensin yang dimasukkan ke dalam tabung sok yang selanjutnya di kocok-kocok dan dibuang. Cukup 2 kali saja sudah bersih,” urai bapak satu anak ini.

Sekarang siapkan oli sok baru, tuang ke tabung sok (gbr.5). “Buat bebek atau matik cukup satu botol  (isi 110 ml) dibagi dua, untuk tabung kiri dan kanan. Sedang motor sport, satu botol untuk satu tabung sok,” tambah warga Kembangan, Jakbar ini.

Sudah? Ayo rapikan lagi part yang sudah dicopot tadi. Anda tinggal membalik langkah waktu membuka tadi.

Sumber : Penulis: Banar - otomotifnet.com



Sponsored Links

Rantai
terdiri dari banyak bagian yang kerjanya berlawanan satu sama lain, tanpa adanya pelumasan rantai ak...

Kaki-Kaki Mobil - Hilangkan bunyi berisik pada per?
Bunyi menjengkelkan itu, biasanya akan hilang sehabis dicuci. Tapi, selang beberapa lama akan muncul...

Skutik - Skutik pakai tabung sokbreker, kaki lebih berotot kekar...
Agar tampak lebih kekar, para modifikator mengubah tampilan sektor kaki-kaki baik depan maupun belak...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru