Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Ferrari 360 Modena Dimodifikasi


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: (Domas) - otomotif.kompas.com

 
 
 
 — Ferrari dimodifikasi! Yup, itulah yang dilakukan sang pemilik Mr M—namanya minta enggak usah disebut—yang asal Surabaya itu. Bayangkan, bodinya sampai ada yang dibor segala.

Ferrari yang dimodif ini tipe 360 Modena tahun produksi 2003. Enggak usah dimodifikasi saja, tampilan sedan logo kuda berjingkrak ini sudah mengundang kagum. Selain desainnya bercita rasa tinggi, jumlah sedan sport bikinan pabrik Italia ini terhitung dengan jari di Indonesia.

Mr M sangat mencintai dunia modifikasi. Ia berani menyerahkan Si Merah ke rumah modifikasi KJ Auto Fashion lantaran sudah pernah menjajal sebelumnya. Cuma bukan dengan Ferrari, tapi Porsche Carrera 911 hitam yang pernah ditampilkan di Kompas.com tahun lalu.

Dari sentuhan tangan terampil Adi dan Roy, pemilik KJ Auto Fashion, Mr M merasa puas dengan tampilan Porsche. Baik dari segi kualitas, detail, maupun kerapian. "Kini giliran Ferrari-nya," bangga Roy.

Coba tebak, bagian yang mana telah digarap Roy dan Adi? Tak banyak, sih. Hanya menambah lips spoiler dan sayap belakang dari bahan fiberglass. Pasti ada yang beranggapan, "Ah itu sih pekerjaan gampang!"

Betul sekali, kalau obyeknya sedan biasa. Ini Ferrari dan prosesnya di luar kelaziman ilmu modifikasi. Biasanya, diawali dari membuat master yang dimal di bumper asli yang akan dijadikan matras. Setelah master selesai, dibuat kopinya. Di sini bedanya, Roy menggunakan kopi dari master untuk dijadikan lips spoiler dan masternya disimpan. "Tentu akan lebih rapi dan ringan karena lebih tipis. Tapi tidak mengorbankan kekuatannya," papar Roy.

Untuk pemasangannya, tak cuma dilem, tapi diperkuat lagi dengan dua sekrup. Jadi, bumper asli dan spoiler dibor. Tujuannya, ketika terjadi benturan, lips spoiler tetap kokoh alias tidak lepas.

Sementara itu, pengerjaan sayap belakang dibikin lebih tebal. Sebab, posisinya berada di atas ruang mesin dan harus tahan terhadap suhu panas yang berlebihan. Makanya, porsi lem silikon lebih banyak. Namun, Mr M akan mengganti lips spoiler dan wing belakang dengan bahan serat karbon.

Selain sayap, Mr M juga mengganti velg buatan Fabulous yang memang punya spek untuk kuda jingkrak. Keempat roda dipasang Detonatore Mesh 20 inci berikut dop berlambang kuda jingrak yang diimpor langsung dari Jepang. Bibir velg celong yang krom semakin menguatkan aroma racing.


Sponsored Links

Honda Vario Batman dan Supermoto
Dony dan Vandy yang sama-sama tinggal di Ciledug, Tangerang punya Honda Vario 2007. Keduanya bukan b...

Mau Bikin Velg Motor Kinclong, Gampang!
Kebetulan kondisi velg motor Anda sudah jelek. Karat tumbuh di sepanjang lingkaran sehingga enggak p...

Subtitusi kampas kopling satria 2 - tak ke Smash?
Memang enggak enak kalau lagi kerja diadang masalah. Pikiran jadi kacau. Hal inilah yang dialami Bay...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru