Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Suzuki Satria FU-150 - Bikin rem belakang agar makin pakem!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: OcT / Dede

Hayo apa beda pengereman depan dengan belakang pada motor bebek. Yup di bagian haluan, semuanya sudah pakai sistem cakram.

 

 

Sementara di bagian belakang, masih ada yang pakai sistem teromol. Iya, kan?

Nah ngemeng-ngemeng (omong-omong) soal pengereman dengan cakram di bagian depan, tentu sudah sering dibahas masalah bagaimana cara ganti disk pad alias kampas rem.

 

 

Tapi bagaimana cara ganti kampas rem untuk yang pengereman belakangnya pakai cakram seperti pada Suzuki Satria FU 150 (gbr.1)?

 

 

Gambar 1

Gambar 1


 

 

 

"Tidak susah kok, selain itu alat-alat yang digunakan juga tidak terlalu banyak. Cukup sediakan kunci ring ukuran 14, 17 dan kunci L-5," ungkap Philips, mekanik bengkel motor umum Formula Motor di Griya Harapan Permai, Bekasi Barat.

 

 

Malah, kalo mau disambi nonton hasil quick count pilpres juga bisa. Asalkan TV-nya ditaruh dekat Anda membengkel. Dalam bahasa sederhana, gampang banget, deh! Asalkan tahu tahapannya.

 

 

Mau tahu caranya lebih lanjut? Pertama-tama kendurkan (bukan dicopot) lebih dulu baut L yang dipakai buat pengunci antara kaliper dengan dudukannya (gbr.2).

 

 

Gambar 2

Gambar 2

 

 

 

 


 

"Cara pertama ini harus dilakukan sebelum roda belakang dilepas. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah baut L tersebut jadi aus," ujar pria berkulit sawo matang ini.

 

 

 

Baru kemudian dilanjutkan dengan melepas as roda dengan kunci 14 di sebelah kiri dan 17 di sebelah kanan. Kelar melepas roda, pasti diikuti juga dengan copotnya dudukan kaliper yang menempel pada as roda dan swing arm.

 

"Baut L yang di langkah awal hanya dikendurkan, sekarang bisa dilepas agar kaliper bisa terpisah dengan dudukannya," terang Philips.

 

 

Selanjutnya kampas rem yang sudah lawas bisa dilepas dan diganti dengan kampas rem baru yang harganya Rp 15 ribu.

 

Oh ya sebelum pasang kampas rem baru, perhatikan piston pada kalipernya.

Bila ada kotoran bisa dibersihkan sekalian. Silakan gunakan bensin.

 

 

 

Gambar 3

 

 

 

 

Intinya, buat jaga-jaga. Sekaligus sebagai prosesi perawatan.

"Jangan sampai gara-gara kotoran tersebut, fungsi pengereman jadi terganggu," wanti pria yang kasih tahu bila tak ada kampas rem orisinal Satria FU, bisa disubstitusikan pakai kampas rem depan bawaan Suzuki Spin.

 

Memberi grease alias gemuk pada 2 batang di dudukan kaliper bisa jadi langkah selanjutnya (gbr.4).

 

 

 

Gambar 4

 

 

 

 

Itu sebelum perangkat semua pengereman dirakit dan ban belakang dipasang kembali.
Simpel, kan?


Sumber :Penulis/Foto: OcT / Dede - otomotifnet.com



Sponsored Links

Keran vakum Yamaha Mio ngadat?Dibikin manual, pasti bisa kok!
Untuk para otomania yang hobi tarik ulur kabel gas, maksudnya wirawiri pakai kuda besi, pasti jengke...

TIPS PERAWATAN MOTOR RINGAN
Rantai (Chain Drive) : Lumasi selalu rantai roda dengan pelumas khusus rantai atau menggunakan oli S...

Soket Keramik dan Kapasitor Bank buat Motor
Rumah soket sekering dari aki sangat rawan terhadap percikan api karena gampang korsleting. Karena b...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru