Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Fuel pump V-xion ngadat ganti yang baru!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Aant / Aant

Di rubrik Dialog edisi No.04 dan 05/XIX 2009, sempat dimuat SMS pembaca yang mengungkapkan masalah Yamaha V-Ixion. Keluhannya, bila parkir di tempat panas, motor jadi enggan hidup. Hal sama ditemui di beberapa milis di internet.

 

 

 

Gambar

 

 

 

 

Penasaran, kami cari tahu ke beberapa bengkel resmi Yamaha. Eh, ternyata hal itu pun diiyakan. "Kami juga pernah kok, menangani dua kasus seperti itu," bilang kepala mekanik bengkel resmi Yamaha di kawasan Bintaro, Jaksel.

 

Masih kata pria yang ogah disebut namanya ini, "Keluhannya sama seperti disebut di atas. Atau kalau pun si V-Ixion mau hidup, setelah jalan beberapa meter akan mogok lagi. Tapi bila didiamkan akan hidup lagi."

 

Kata dia, "Itu terjadi di V-Ixion keluaran awal sampai tahun 2008. Kata pusat (pabrikan), karena ada saluran pada pompa bensin yang terlalu kecil, saat kepanasan melar, jadi mampet. Tapi yang keluaran 2009 sudah mengalami perbaikan."

 

Beda lagi yang dialami Picu, pedagang motor bekas di Jl. HR. Bunyamin Purwokerto. "Karena barang dagangan, sengaja bensin diisi sedikit. Saat dipakai jalan kehabisan bensin, setelah diisi ulang mesin tak mau hidup."

 

Akhirnya dibawa ke bengkel resmi, "Ternyata pompa bensinnya rusak dan harus ganti baru. Tapi yang bikin nyesek, harganya Rp 450 ribu!" curhatnya saat ditemui beberapa waktu lalu.

 

"Kalo ngadat setelah kehabisan bensin mungkin pompanya kebakar. Memang saat training ada peringatan bahwa bensin di tangki V-Ixion minimal 1 liter, itu yang kudu diperhatikan," sahut mekanik asli Jateng itu lagi.

 

 

Lebih jauh, kami mengonfirmasi pada Muhamad Abidin, Manager Technical Department Service Division PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, "Memang ada beberapa kasus pompa bensin V-Ixion rusak karena kepanasan.

 

Tapi kalau yang rusak karena kehabisan bensin belum pernah menerima komplain."

 

Menurut pria berkantor di Pulo Gadung, Jaktim ini ada beberapa penyebabnya, "Bisa karena kepanasan seperti dibilang tadi, lalu kebiasaan mengisi bensin di pinggir jalan dan terakhir pemberian aditif berbentuk padat yang bisa mengakibatkan pompa tersumbat."

 

Bagian di pompa bensin yang rusak, namanya impeler. "Part itu paling sensitif, bila kena panas, kotoran atau tersumbat akan rusak.

 

Komponen ini ada dalam pompa yang bekerja menjaga tekanan bahan bakar tetap 250 kpa," urai Abidin lagi.

 

 

 

Gambar 1,2,3

Gambar 1,2,3

 

Nah bila mengalami kasus serupa segera hubungi bengkel resmi Yamaha terdekat. "Kalau memang rusak akan diganti, karena part ini memang tidak bisa dibetulkan dan itu gratis karena digaransi selama 2 tahun," tutupnya.

 

Ayo..ayo...!

 

Sumber :Penulis/Foto: Aant / Aant - otomotifnet.com



Sponsored Links

SARINGAN UDARA DAN SISTEM PEMBUANGAN
1. Saringan udara

Substitusi Part Motor - Substitusi part Minerva 150R..?
Seperti motor lain, Minerva 150R dengan pemakaian secara berkala, tentu membuat beberapa perantinya ...

Service guidance - Intake manifold Satria F150 bocor = boros BBM?
Tingginya jumlah penjualan motor di Tanah Air, sayangnya tak berbanding lurus dengan pengetahuan pem...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru