Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Ganti Sein Skutik - Jangan biarkan lampu sein mati loh?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto : Banar

Produk besutan kelahiran pabrik, baik bebek, sport dan skutik pasti dilengkapi lampu sein. Yakni lampu indikator yang berfungsi untuk memberi tanda kepada pengendara lain saat rider akan belok ke kiri maupun ke kanan.

 

Alhasil, rider lain yang ada di belakang maupun di depannya, dari ke­jauhan bisa mengatur laju kendaraannya dan mempersilakan kendaraan yang mau belok, lewat duluan. Dengan begitu kecelakaan akan terhindar.

 

 

Namun seiring kesibukan pengendara, banyak yang membiarkan lampu seinnya mati atau tidak nyala. Contoh di skutik. Karena enggak sedikit skutikmania yang merasa ribet dan butuh waktu lama untuk menggantinya.

 

Adapun penyebab lampu ini mati atau tidak nyala bisa karena usia pakai maupun karena kabel atau soketnya kendur.

 

"Bisa kendur kemungkinan besar karena getaran dan sering lewat jalanan yang tidak rata, sehingga banyak mengalami guncangan.

 

Lama-lama lampu sein longgar dan tidak ngeplak lagi dengan dudukan soketnya," ujar Hasan Basri, bos Hasan Motor (HM) di Kelapa Dua Raya, Kebon Jeruk Jakbar.

 

 

Nah biar terhindar dari kecelakaan gara-gara lampu sein mati, sebaiknya lakukan pengecekan dan jika putus, ganti secepatnya. "Harganya cuma Rp 5 ribuan, serta cara pemasangannya juga mudah," ungkap Hasan.

 

Berikut akan diperagakan Hasan dengan dua cara bongkar pasang sein Honda BeAT diterondoli dulu dengan alat dan dirogoh langsung tanpa alat. Cara pertama, siapkan dulu kunci T-10 dan obeng kembang.

 

 


Gbr 1 Gbr 2

Gambar 1-2

 

 

 

1. Buka pelat nomor dari dudukannya pakai obeng kembang maupun kunci T-10, tergantung baut pengikatnya. Lanjutkan lepas dudukan pelat nopol pakai kunci T-10 (gbr.1).

 

 

2. Lalu buka batok headlamp yang menyatu sama rumah sein dengan cara mencopot 6 baut pengikat pada dek depan (kiri/kanan) dan 2 baut pengikat di bawah batok lampu, di atas sepatbor pakai obeng kembang (gbr.2).


Gbr 3 Gbr 4

Gambar 3-4

 

 

3. Lepas batok lampu cukup ditarik keluar dan dilanjutkan mencopot soket lampu sein. Caranya putar soket ke arah kiri dan ditarik keluar (gbr.3).

 

4. Lalu cabut lampu sein dan dilanjutkan mengganti dengan yang baru.

Menginjak cara ke dua yakni tanpa menggunakan alat, lebih mudah dan simpel.

 

Caranya langsung merogoh soket lampu sein dari kolong di atas sepatbor dan diputar ke kiri sambil ditarik keluar (gbr.4). Dilanjutkan menggantinya dengan lampu sein baru.

 

"Nah kalau sudah, sebelum dirakit seperti semula, lebih baik dicek dulu apakah lampu sein baru nyala atau tidak?" anjur pria berambut cepak ini.

Pilih cara yang mana?

 

Sumber :Penulis/Foto : Banar - otomotifnet.com



Sponsored Links

Pasang Footstep Underbone? switch remnya digunakan, dong!
Salah satu aksesori ala racing yang banyak dipakai motormania untuk harian adalah footstep underbone...

Honda Vario Batman dan Supermoto
Dony dan Vandy yang sama-sama tinggal di Ciledug, Tangerang punya Honda Vario 2007. Keduanya bukan b...

Cara Mendeteksi Kelistrikan pada Mobil Bekas
Ketika membeli mobil bekas (mobkas), yang mesti diperhatikan tak cukup meneliti kondisi bodi dan men...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru