Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Honda Absolute Revo - Tambah pakem, absolute revo aplikasi rem belakang model cakram!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Atenx / Atenx

Mau pasang rem belakang cakram di Honda Absolute Revo (HAR)? Gampang! Sekarang banyak kok, peranti itu dijual paket (gbr.1) yang dibanderol Rp 700-800 ribuan," jelas Rini dari gerai aksesori F16.


Gambar 1

Gbr 1

 

 

 

 

 


Gambar 2

Gbr 2

 

 

 

 


Gambar 3

Gbr 3

 

 

 

 


Gambar 4

Gbr 4

 

 

 

Eh, tapi mengganti rem belakang ada aturannya. Pastikan ukuran lebar cakram tak melebihi ukuran standar disk brake depan. "Kalau terlalu besar, bisa bikin roda belakang mudah terkunci dan sliding nantinya," sahut Ari Kristanto dari bengkel GMotor.

 

 

Nah, model cakram ini juga dapat diterapkan pada pelek HAR jenis jari-jari dan palang (gbr.2). Oke langsung simak kata Ari, mau ngejelasin cara pasangnya, yuk!

 

Pertama, lepas roda belakang plus rumah kampas remnya. Dari sini lubangi bagian teromol roda sampai tembus ke sisi kiri rumah gir pakai bor sebanyak 4 titik. "Posisi lubang di teromol harus sesuai sama lubang damper dudukan cakramnya (gbr.3)," jelas Ari.

 

 

Kalau sudah, lanjutkan merakit damper dudukan cakram beserta cakram dengan 4 mur baut pengikat ukuran 12 sepanjang kurang lebih 8 cm di teromol sebelah kanan.

 

 

Lalu lanjutkan membuat dudukan pengikat master rem di rangka sebelah kanan (gbr.4). Saat pemasangan, usahakan posisi master rem gak terganggu swing arm saat peranti itu bergerak naik turun," wanti mekanik humoris ini.


Gambar 5

Gbr 5

 


Gbr 6

Gbr 6

 

 

Eh bicara master rem, baiknya pakai orisinal atau minimal jeroannya yang ori! Sebab kalau pakai produk KW, dikhawatirkan bagian sil di dalam master rem gak tahan pada suhu panas dan pemakaian jarak jauh.

 

 

Akibatnya rem bisa gak pakem atau malah blong," beber mekanik asal Yogya ini.

 

Oke lanjut! Bikin duČdukČan penonjok master rem, memanfaatkan pedal rem belakang bawaan standar (gbr.5). Caranya, potong bagian belakang pedal rem, lalu sambung peranti itu dengan pelat besi setebal 5 mm buat dudukan penonjok master rem.

 

Sampai sini, pindah ke belakang. Papas bos as roda belakang kanan 0,5 mm agar braket kaliper mudah dipasang nantinya.

 

Terakhir, rakit roda belakang yang sudah terpasang cakram, beserta kaliper dan adaptor kalipernya (gbr.6).

 

 

Nah berhubung lengan ayun sebelah kanan AR sudah dilengkapi dudukan pengikat per kabel rem, jadi untuk penahan braket kaliper bisa pakai dudukan per itu.

 

Sumber :Penulis/Foto: Atenx / Atenx - otomotifnet.com



Sponsored Links

Suzuki Shogun 125SP - Upgrade performa shogun 125sp, tambah beringas dan gahar!
Soal upgrade performa besutan, kali ini Mr. Testo mau menjawab permintaan Rizky Qtoet lewat email (m...

Service AC Mobil - Cukup Rp 75 Ribu, AC Dingin Dan Irit Bensin
Menghemat pemakaian bensin tidak selalu harus pakai alat penghemat BBM. Ternyata, lewat perawatan si...

Substitusi Part - Substitusi Gir Roda Suzuki Thunder 125
Aplikasi ban besar hampir menjadi sebuah tradisi bagi para motormania pembesut kuda besi jenis sport...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru