Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Honda Tiger - ganti sil stut kopling Tiger, supaya oli tak merembes..


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Aant / Aant - otomotifnet.com

Oli adalah unsur penting dalam mesin, buat mencegah keausan dan membantu pendinginan.

 

Makanya kualitas dan kuantitasnya wajib dijaga agar jeroan mesin terhindar dari kerusakan.


Gambar 1

Gbr 1

 

 

 


Gambar 2

Gbr 2

 

 

 


Gambar 3

Gbr 3

 

 

 

 

 


Gambar 4

Gbr 4

 

 

 

 

 

 


Gambar 5

Gbr 5

 

 

 

 

 

 

 

Salah satu cara agar kuantitas oli tak berkurang dengan meminimalisir adanya kebocoran. Kebocoran rawan terjadi pada as yang sering bergerak, salah satunya pada stut kopling. Kenapa begitu?

 

 

"Pada motor berkopling manual, tiap kali kita memindah gigi pasti menarik kopling. Jika tiap kali jalan melakukan penggantian posisi gigi seratus kali, maka sebanyak itu pula stut kopling bergerak.

 

Makanya lama-lama sil aus karena gesekan terus-menerus, ditambah pengaruh panas mesin yang bikin sil mengeras," terang Agustinus Purwanto, dari bengkel Nero Speed.

 

Nah tak ingin mesin jebol karena kekurangan oli kan? Makanya lakukan penggantian sil jika telah terindikasi terjadi kebocoran dengan ciri oli terlihat membasahi sekitar stut kopling. Bagaimana cara menggantinya? Kali ini kita praktikkan di Honda Tiger.

 

 

Sebelum mulai kerja, siapkan dulu peralatannya, kunci ring 24, ring 12, T-8, pas 12, pas 14, tang, dan obeng minus. Serta jangan lupa sil pengganti dengan ukuran 12x22x5, part number-nya 91201-148-004 harganya hanya Rp 3.500.

 

Pertama kuras oli dengan membuka tutup pembuangan pakai kunci ring 24. Sambil menunggu oli keluar semua, ambil kunci ring 12 untuk membuka keempat baut pengikat kick starter stopper yang berada di bawah mesin.

 

Masih dengan kunci sama, lanjutkan membuka baut kick starter, dan lepas dengan menarik keluar. Lalu copot kabel kopling dengan mengendurkan mur pengunci dengan kunci pas 12 dan 14.

 

 

Sekarang ambil kunci T-8 untuk membuka ke-12 baut bak kopling (gbr.1), "Jangan sampai ada yang terlewat ya," wanti pria umur 29 tahun ini.

 

Jika semua baut sudah lepas, tarik pelan-pelan bak kopling, "Agar paking tak rusak," lanjut pemilik bengkel di Jl. Jatisari 21A, Sumampir, Purwokerto.

 

Berhasil kan? Cari tempat yang rata untuk meletakkan bak kopling, agar cat tak rusak beri alas kain halus atau koran.

 

 

Lanjutkan melepas per stut kopling (gbr.2) pakai obeng minus, kemudian gunakan tang untuk mencabut pengunci as stut kopling (gbr.3). Nah jika pengunci sudah berhasil dicabut, tinggal menarik as tersebut keluar (gbr.4).

 

Terakhir pakai obeng minus lagi buat mencungkil sil yang mengeras (gbr.5). "Sebelum pasang sil baru, sebaiknya bersihkan bekas oli yang meler pakai bensin," ujar pria asli Cilacap ini.

 

Sudah bersih kan? Pasang sil baru dan rakit lagi dengan langkah kebalikan dari proses membongkar.

 

 

"Kalau paking rusak ganti baru, dan jangan lupa isi kembali oli, baiknya sekalian pakai oli baru, ukurannya satu liter," tutup mekanik spesialis Tiger ini.

Kini tak meler lagi kan?

 

 

Sumber  : Penulis/Foto: Aant / Aant - otomotifnet.com



Sponsored Links

TIPS PERAWATAN MOTOR RINGAN
Rantai (Chain Drive) : Lumasi selalu rantai roda dengan pelumas khusus rantai atau menggunakan oli S...

Modifikasi Guidance - Pasang Stabilizer Di Setang BeAT
Yudhistira, pemilik Pets Shop di daerah Bintaro, Jaksel, memilih Honda BeAT sebagai sarana transport...

Utilitas - Do & Donít Dalam Perawatan Helm
Ada slogan 'half your life, is in your helmet'. Dari kalimat tersebut, sudah jelas betapa pentingnya...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru