Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Honda VFR1200F 2010: Motor Pertama di Dunia dengan Kopling Ganda


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: - dapurpacu.com

 

honda VFR1200F 2010 04 Honda VFR1200F 2010: Motor Pertama di Dunia dengan Kopling Ganda LONDON (dp) Honda Eropa merilis varian baru model VFR1200F yang telah dilengkapi teknologi transmisi kopling ganda (dual clutch). Kehadiran varian baru ini melangkapi jajaran model VFR1200F yang diluncurkan sejak Oktober tahun lalu.

Honda mengklaim teknologi kopling ganda pada VFR1200F merupakan yang pertama di dunia diterapkan di sebuah sepeda motor. Dengan teknologi ini memungkinkan penggunaan kopling dan shift secara otomatis.

Selain itu, Honda menjamin penggunaan teknologi kopling ganda sama menyenangkannya dengan transmisi otomatis. Meski begitu, teknologi ini lebih mengasikan lantaran biker dapat menseting model pengendaraan sport maupun nyaman yang dikontrol penuh secara elektronik.

Honda percaya teknologi kopling ganda merupakan terobosan masa depan yang muncul di hari ini. Pasalnya, VFR1200F memungkinkan biker bebas merasakan pengalaman baru gaya menunggang motor.

Transmisi kopling ganda yang dikembangkan Honda dibuat dengan konstruksi padat dan ringan. Hal ini membuat Honda tidak perlu melakukan modifikasi pada unit sepeda motornya yang akan menerapkan fitur ini.

Transmisi kopling ganda yang muncul di model VFR1200F dikatakan hampir sama dengan yang dikembangkan untuk mobil. Kendati demikian, lantaran dimensinya yang lebih panjang dari transmisi konvensional, penerapan kopling ganda pada sepeda motor membutuhkan teknik peletakkan yang agak rumit.

Honda menjelaskan kerumitan teringgi pengaplikasian transmisi ganda pada sepeda motor terdapat pada pertimbangan ground clearance, pusat gravitasi serta faktor keseimbangan ketika motor menikung.

Toh demikian, Honda mampu mengeliminir masalah tersebut pada VFR1200F. Hal ini terjadi setelah Honda berhasil melakukan pengembangan pada desain penggunaan dua batang poros utama serta kolping hidraulik searah.

Di samping itu, Honda yang telah membuat 100 paten pada teknologi ini juga membuat menu yang memudahkan pilihan bagi biker. Untuk D-Mode pengguna bisa merasakan releksasi dan hemat bahan bakar. Sedangkan S-Mode menjanjikan pengendaraan sporti. Adapun 6-speed-mode memungkinkan pengendalikan elektronik secara penuh melalui shift-control dengan rasa seperti transmisi manual. [dp]



Sponsored Links

Mau Bikin Velg Motor Kinclong, Gampang!
Kebetulan kondisi velg motor Anda sudah jelek. Karat tumbuh di sepanjang lingkaran sehingga enggak p...

Sevice Guidance - Bikin Irit Lewat Tune Up Karburator
Harga BBM naik, harga sembako ikut naik, semua serba naik. Terus apa yang musti kita lakukan? Apa en...

Perawatan rem Mobil - Awas, mobil tidak bisa berhenti!
Ada orang punya prinsip, kalau mobil asal maju saja. Yang penting bisa dipakai ke mana-mana. Tetapi,...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru