Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Ingat! Periksa Mobil Sebelum Jalan


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Editor: bastian - otomotif.kompas.com

Meski usia mobil baru setahun (dari beli baru), tak ada salahnya periksa kondisi mobil sebelum dikendarai (pagi hari), apalagi jika jangka pemakaiannya sudah di atas dua sampai tiga tahun. Jangan hanya karena hal kecil yang luput dari pengamatan lalu masalah besar malah muncul.

Contoh, oli mesin atau air aki. Bila sampai kering, maka itu bisa berakibat fatal. Nah, inilah bagian dari kendaraan yang perlu diperiksa sebelum jalan.

  • Oli mesin. Tarik dipstick dari lubangnya, lalu usap bagian ujung tempat tanda pengukur (indikator). Kemudian, masukkan lagi dipstick dan tarik lagi. Pantau ketinggian oli ada dalam batas aman (lebih dari separuh pada tanda pengukur).

  • Cairan "wiper". Periksa air wiper di tabungnya. Saat masuk musim panas begini, wiper berguna untuk membersihkan kaca.

  • Air radiator. Untuk mobil baru, tak terlalu banyak mengisi ulang, kecuali pada tabung cadangan. Sekira sudah diisi, dan ternyata "haus" terus, segera bawa ke bengkel karena bisa jadi ada kebocoran.

  • Filter udara. Ini dilakukan bila Anda punya waktu senggang (libur) karena pengerjaannya sedikit memakan waktu. Untuk membersihkannya, semprot bagian ini dengan bantuan kompresor. Kalau tidak punya, bisa bawa filter ke tukang ban. Kalau hanya dengan cara diketuk-ketuk, kebersihannya tidak akan maksimal.

  • Kompartemen mesin. Cermati bagian-bagian terpenting, seperti apakah di selang ada yang getas atau bocor, apakah kepala aki kendur, apakah belt kendur atau haus, dan juga seputar kabel.

  • Tekanan ban. Pastikan tekanan angin masih sesuai dengan standar yang dianjurkan. Gunakan alat pengukur tekanan angin. Bila kurang, maka segera isi ban saat kondisinya masih dingin.

  • Lampu-lampu. Terutama rem dan sein, pastikan semua bagian itu bekerja dengan baik. Setelah itu, periksa lampu dim, lampu kecil, dan lampu utama. (Rendy Surya)



Sponsored Links

Buat pelindung sasis belakang - Honda Blade cegah karat datang..
Kalau melihat tampilan dari Honda Blade 110R memang enggak ada matinya. Desain yang ciamik dipadu pe...

Honda Vario - Karburator CBR 150 buat Vario bore - up 150 cc!
Menurut rumors, jika karburator standar Honda CBR 150 cc dipakai di motor 4-tak lain, bisa bikin aks...

Perawatan Musim Hujan - Cegah Karet Kaca Bocor
Hampir bisa dikatakan kebocoran pada kabin saat hujan deras, banyak disebabkan oleh celah yang timbu...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru