Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Kampas kopling Honda Tiger bisa pakai punya Honda Supra kok?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Jotos / Jotos - otomotifnet.com

Mujiono sudah lama punya Honda Tiger 2000 keluaran 2004. Dengan seiringnya waktu, motor itu jadi tak bertenaga. "Pasti ada komponen yang sudah mengalami keausan," yakin warga di Jl. Bangka 7 Buntu, Mampang, Jaksel.

 

 

Ia pun langsung membawa tunggangannya ke bengkel Kevin Motor (KM) di Jl. Bangka Raya, Mampang, Jaksel. Setelah ditelusuri saksama, ternyata kampas koplingnya (KK) sudah tipis. Sehingga tak bisa bekerja maksimal (gbr.1).

 

 


Gambar 1

Gbr 1

 

 

 


Gambar 2

Gbr 2

 

 

 

 

 


Gambar 3

Gbr 3

 

 

 

 

 


Gambar 4

Gbr 4

 

 

 

 

 

 

"Kalau KK habis, dipastikan motor akan selip. Alhasil motor jadi tak ber­tenaga, karena power tak tersalur sempurna. Selain itu, motor juga bisa boros BBM," urai mekanik berkulit sawo matang ini panjang lebar. Mau tak mau, kudu diganti baru.

 

Sayang, kebetulan saat itu KK orisinal Tiger habis di bengkel Kevin. Sebagai gantinya, ia memakai punya Honda Supra. Emang bisa? "Bisa, kok. Hanya saja, KK Supra lebih renggang dibanding KK Tiger (gbr.2)," ucap Kevin sembari bilang, fungsi KK sebagai pendukung proses transfer tenaga dari hasil kerja mesin ke transmisi.

 

 

Kalau Anda ogah mengalami masalah seperti di atas, mending segera ganti peranti itu. Nah, kalo pengin tahu proses penggantiannya, berikut ini akan dipandu Kevin pada tunggangan Mujiono.

 

Untuk proses membongkar, kita butuh perkakas; kunci ring ukuran 12, T-8 dan T-10. Tahap kerjanya, awali membuka baut ukuran 12 yang mengunci di kick starter (gbr.3).

 

Lalu lepaskan baut kopling ukuran 8 sebanyak 10 buah pakai kunci T-8 (gbr.4). "Jangan pakai kunci ring ya, nanti bisa slek bautnya," wanti Kevin.


Gambar 5

Gbr 5

 

 

 

 

 


Gambar 6

Gbr 6

 

 

 

 

 

 

Kemudian copot baut per kopling sebanyak 4 buah pakai T-10 (gbr.5). Kalau sudah, baru pasang punya Supra (gbr.6). Untuk menebus KK Supra, cukup rogoh kocek Rp 150 ribu (satu set). Sedang punya Tiger Rp 300 ribu, "Banderol itu yang nomor satunya. Kalo yang KW hampir sama dengan punya Supra," ujar mekanik ramah ini.

 

 

Oh ya, selain itu menurut Kevin, kampas kopling Tiger ada 5 buah. Sedang Supra 4 lembar. "Tapi kalo mau ganti, cukup empat lembar aja. Sebab yang kecilnya masih bisa diandalkan. Jadi bisa dimix sama kampas Supra itu," tuturnya.

 

Hokeh, sampai situ sudah selesai. Berarti Anda tinggal merapikan lagi komponen yang sudah dilepas tadi. Langkahnya, tinggal mengurut sesuai kebalikan waktu membukanya tadi. Hasilnya, kopling Tiger milik Mujiono kembali bekerja normal, deh.

 

 

 

 

Sumber : Penulis/Foto: Jotos / Jotos - otomotifnet.com

 

 



Sponsored Links

Bersih-Bersih Karat - Treatment Musim Hujan
Pasti biker sudah banyak yang tau, bahwa air hujan yang turun itu mengandung zat asam yang mampu mem...

Baca spesifikasi Mobi - Brosur : informasi awal yang fital?
Tiap mobil dibuatkan brosur sebagai informasi yang disuguhkan bagi siapa pun yang ingin mengetahuiny...

Penyetelan Rantai
Bila jarak main (free play) rantai roda terlalu kecil, maka rantai roda akan semakin tegang oleh aki...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru