Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Memeriksa Kopling


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Ridwan

a. Pelat gesek (Friction plate)
Periksalah apakah pelat gesek sudah aus, ganti apabila telah aus melebihi 0,3 mm dan ukuran
standardnya, atau menunjukkan gejala hubungan yang tidak rata dengan palat kapling.

 

b. Memeriksa pelat kOpling
Periksalah pelat kopling baja, apakah telah aus, hangus atau bangkok, untuk rnemeriksa
apakah pelat kopling bengkok, gunakan pelat bidang datar, jika bengkoknya melebihi 0,05 mm
yang disertai kerja kapling yang tidak menentu maka pelat kopling harus diganti.

 

c. Memeriksa pegas Off
Ukurlah panjang bebas pegas off dan ganti dengan yang baru bila
terdapat 0,2 mm lebih pendek dari ukuran standarnya.

 

kopling


d. Memeriksa collar gigi utama (Primary gear collar)
Masukkan.penahan speser collar gigi utama ke dalam bush roda gigi penggerak primer (utama) dan periksalah jarak main radialnya.
Masukkan speser tersebut harus dengan mudah dan licin,jika terdapat gorasan pada collar maka gantilah.Selanjutnya pasanglah collar pada
p0r0s utama dan juga harus dapat dengan mudah dimasukkam dalam licin.Cobalah apakah speser dapat dengan mudah dan licin pada poros utama dan bush roda penggerak primer.
Pada waktu pemasangan berikanlah sedikit 0li pada bagian-bagian tersebut.

 

e. Memeriksa bush kopling
Alur pelat kopling berpegang pada alur bush kopling dan berputar bersama-sama.
Periksalah apakah alumya telah aus, jika tidak bersihkanlah alur tersebut sebelum pemasangan dilakukan.

 

f. Memeriksa rakitan rumah kopling
Karet peredam terpasang di dalam kopling antara r0da gigi pengerak primer dan rumah kopling. Fungsi dari karet peredam tersebut
ialah untuk mengurangi suara gigi atau semacam sewaktu pemindahan gigi pada kecepatan rendah atau tinggi. Periksalah jarak main antara
rumah kapling dengan roda gig pengerak pemicunya, jika jarak mainnya terlampau banyak maka gantilah.

 

rumah kopling


Periksalah permukaan kopling jika terdapat goresan atau cacat
maka gosok dengan amplas atau ganti Bila sisi cakar terdapat celah yang diakibatkan 0leh persentuhan antara cakar dengan pelat 
gosok yang mengakibatkan aus yang berlebihan, maka gantilah dengan rumah kopling yang baru.

 

g. Memeriksa rakitan pemberat rol
Periksalah apakah rol pemberat retak atau cacat dan apakah multiple rol hangus
atau gerakannya tidak licin, bila demikian pemberat rol harus diganti dengan yang baru.

Bila terdengar suara gemeretak pada roda gigi reduksi primer, maka ini menandakan backlash (celah kelonggaran) yang terlampau besar
dan sebaliknya bila terdengar suara mendengung menandakan backlash yang terlalu kecil (tidak cukup) Untuk mengetahui backlashnya, harus
diketahui dahulu nomor penggerak primer dan roda gigi penggeraknya.Nomor atau huruf kode ini terdapat pada setiap penggerak primer dan
roda gigi penggerak. Jumlah kedua angka tersebut merupakan nomor kode tertentu untuk jenis motor Yamaha.
Periksalah apakah terdapat cacat atau retak pada permukaan gigi, jika terdengar suara gemeretak, gantilah dengan gigi yang menggunakan
angka yang lebih besar, sebaliknya bila terdengar suara mengaum, gantilah dengan gigi yang menggunakan angka yang lebih kecil.

 

roda gigi


h. Memeriksa mekanisme ratchet
Periksalah apakah lidah roda (paw) telah aus dan periksalah juga apakah cakar-cakar telah aus atau rusak, bila demikian maka gantilah

 

pegas pawl


Periksalah offspring (pegas pawl) apakah tegangannya telah lemah, patah atau rusak maka gantilah!

 

Pada kopling yang menggunakan kabel cara pemeriksaannya adalah sebagai berikut:
a. Ukur jarak main bebas kopling pada ujung handel kopling, jarak main bebas antara 10-20 mm
b. Bila jarak main bebas kopling terlampau besar maka pengoperasian gigi transmisi akan sukar masuk dan kendaraan cenderung meloncat
pada awal start.
c. Bila jarak main bebas kopling terlampau kecil akan mengakibatkan kopling slip.

 

Pada sistem kopling otomatis, cara pemeriksaannya adalah sebagai
berikut :
a. Hidupkan mesin dan masukkan persneling ke gigi satu kemudian pedal kopling tetap ditekan kaki.
b. Gas tangan dibesar-besarkan sambil dirasakan dan pastikan bahwa pada sepeda motor tidak boleh ada gerakan berlebihan atau usaha untuk maju.
c. Periksa juga pergerakan pertama/start maju tidak terasa ada sentakan dan pemindahan setiap tingkat gigi persneling mudah atau lancar.

 

 



Sponsored Links


Problem solving - Usir bunyi berisik di pintu!
"Meski jalan tidak bergelombang, di balik door trim tetap berisik,” tutur Sisca, pengguna Suzuki B...

Sistem Exhaust TEC - Membuktikan manfaat exhaust TEC?
Exhaust TEC (Torque Expansion Chamber) adalah salah satu teknologi yang sangat diunggulkan produsen ...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru