Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Mengusir Bau Tak Sedap Dalam Kabin Mobil


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: (Susanto Ari P) - otomotif.kompas.com

 
 
 
  Sangat menjengkelkan ketika kita masuk ke dalam mobil dan langsung mencium bau tidak sedap (apek). Bukan saja mual, tapi kondisi itu bisa bikin kepala pusing saat perjalanan ke atau pulang kantor.

Penyebabnya, ada berbagai macam benda dimasukkan ke bagasi atau kabin. Suasananya pun mirip "kapal pecah", apalagi jika kendaraannya jenis MPV atau SUV. Sekalipun sudah ditaruh di bagasi, aroma itu tetap bisa merebak ke kabin.

Untuk keadaan darurat, cara mengusirnya cukup dengan menurunkan sedikit kaca pintu. Namun, cara seperti ini membuat suhu pendingin di ruang kabin tidak maksimal. Efek lain, debu masuk.

Nih, ada cara sederhana untuk mengatasinya, seperti di bawah ini.

Plastik, kopi, dan daun pandan
Benda-benda berbau menyengat yang berada di dalam mobil bisa disimpan di dalam tempat penyimpan kedap udara seperti Tupperware. Namun, jumlah dan ukurannya pun harus disesuaikan karena tentu sangat menyita ruang bagasi atau kabin.

Paling praktis, masukan benda-benda berbau itu ke dalam plastik pembungkus (bukan plastik kresek) yang bisa dibeli di supermarket atau pasar tradisional. Untuk durian, gunakan minimal tiga lapis plastik, lalu ujungnya diikat dengan karet gelang atau klip plastik.

Cara paling ampuh lainnya, gunakan bubuk kopi yang memiliki kemampuan menetralkan bau menyengat. Sediakan wadah kecil, taburkan kopi. Jangan lupa, di bagian bawah wadah diberi selotip bolak-balik dan tempelkan di bawah jok depan agar bekerja maksimal.

Cara lain, bisa juga dengan menggunakan daun pandan. Ingat, jangan sekali-sekali mengusir bau apek dengan pewangi kabin. Tindakan ini justru akan menambah suasana kabin tidak karuan.

Bersihkan nodanya
Bila ada benda yang jatuh ke kabin, entah itu bahan masakan, makanan siap saji, atau belanjaan pasar, segera bersihkan. Jika didiamkan berlama-lama, maka itu akan melekat dan sulit dibersihkan.

Cara mudah, semprotkan noda dengan cairan interior cleaner. Jika tak punya, maka kita juga bisa memanfaatkan cairan pembersih noda rumah tangga. Lalu, seka kotoran dengan sikat halus dan angkat menggunakan kain lap yang sudah sedikit dibasahkan.

Untuk memastikan permukaan kering, seka ulang dengan kain microfiber. Jika masih bau juga, maka taburkan bubuk kopi di tempat yang mengeluarkan bau tak sedap itu. (Susanto Ari P)


Sponsored Links

Modifikasi Guidance - Pasang Setang Fatbar di Scorpio
Setang aftermarket berprofil lebar emang punya penggemar sendiri, khususnya di kalangan motor jenis ...

Service Guidance - Awas! Kabel Busi Bikin Boros BBM
Jangan kaget kalau ada yang bilang kabel busi bisa bikin boros bensin (BBM). Sebab kualitas kabel bu...

Komponen Mobil yang Diperiksa Pasca-Mudik
Setelah mobil "diperas" pergi-pulang untuk tujuan bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung hal...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru