Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modification Guidance - membikin knalpot slip on di Honda BeAT?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto : Atenx

Gambar

 

 

 

 

Pernah dengar istilah slip on (SO)? Idiom ini sering banget digunakan untuk menyebut model knalpot yang bisa dicerai jadi beberapa bagian. Nah, knalpot model begini paling sering diaplikasi untuk keperluan balap.

 

 


Gambar 1

Gambar 1

 

 

 

 


Gambar 2

Gambar 2

 

 

 

 


Gambar 3

Gambar 3

 

 

 

 

 


Gambar 4

Gambar 4

 

 

 

Seiring berkembang populasi skutik yang kian meningkat, model SO kini sudah mulai diproduksi beberapa produsen knalpot aftermarket. Tujuannya kini bukan hanya untuk sekadar gaya, tapi lebih ke efisiensi waktu saat bongkar pasang roda belakang.

 

Tapi ya itu, model SO baru tersedia pada knalpot aftermarket. Artinya, Anda pun harus beli peranti itu dengan yang baru. "Idealnya, knalpot skutik itu emang dibuat tipe slip on. Jadi kalo mau lepas ban belakang, cukup buka silencer-nya aja," ujar Mulyadi Sadeli dari bengkel AA Service (AAS).

 

Tapi jangan khawatir, kalau ogah beli produk aftermarket, saluran gas buang bawaan pabrik juga bisa dibikin ala SO, lo! Nah, buat yang mau bikin knalpot standar BeAT jadi bisa dibongkar pasang, pria berambut gondrong ini mau kasih tahu cara bikinnya.

 

Oke, langkah awal siapkan dulu pipa selongsong berdiameter 24,5 mm sepanjang 3 cm. Setelah itu, langsung potong pipa knalpot dekat pegangan peredam (gbr.1). Nah buat patokannya, silakan tarik garis sepanjang 2 cm ke arah silencer dari lekukan pipa paling akhir.

 

Kalau knalpot sudah terbelah dua, lanjutkan dengan mengikis bagian pegangan silencer sebanyak 1,5 cm (gbr.2). "Hal itu dilakukan agar selongsong bisa masuk lebih dalam nantinya," jelas pria humoris ini.

 

Sudah dikikis? Oke, lanjut! Masukkan selongsong yang sudah disiapkan tadi ke dalam pipa standar sedalam 1 cm. Kalau dihitung pakai sigmat dari sisi dalam, sisa selongsong yang bakal mengikat pipa nantinya adalah 2 cm.

 

Nah, sampai tahap ini lanjutkan dengan mengelas pipa secara melingkar di bagian bibir selongsong (gbr.3). "Saat pengelasan, pastikan selongsong terpasang dengan kuat pada pipa bawaan standar," wanti pria yang berbicara dengan logat Sunda ini.

 

Langkah terakhir, tinggal merakit lagi knalpot seperti sediakala. Eits, tunggu dulu! "Agar knalpot gak gampang oblak dan bocor, silakan ikat pipa knalpot pada bagian sambungan dengan memanfaatkan klem (gbr.4)," tutup Mulyadi.

Gampang kan?

 

Sumber :Penulis/Foto : Atenx - otomotifnet.com



Sponsored Links

Upgrade Performa Kawasaki KLX 150S, Katrol 7 dk Dengan Rp 3,5 Juta
Hadirnya Kawasaki KLX 150S, bisa jadi obat rindu bagi trail-mania Tanah Air. Karena dimensi motor ga...

Pengaman Roda cadangan - Penjaga roda kelima Suzuki APV!
Namanya maling, tak bisa mencomot barang di dalam kabin, di bagian luar pun diincar. Malah hingga ke...

Bikin mobil agar Tetap kinclong - Cairan pengusir dekil dan kotor?
Beratus atau bahkan ribuan kilometer jarak yang ditempuh dalam rperjalanan antar kota antar propinsi...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru