Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modifikasi Guidance - BeAT Pasang Cakram Lebar


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis / Foto : Atenx


Aplikasi cakram lebar, kerap dilakukan demi mendapat daya cengkeram lebih saat ngerem. Sayangnya, enggak semua motor sudah tersedia piringannya. "Apalagi kalo motor masih baru, sepeti Honda BeAT," ujar Sandy bos toko asesori di Otista, Jaktim ini.

Meski demikian, buat BeATers yang ingin adopsi cakram lebar jangan putus asa dulu. Sebab masih ada cara yang bisa dijadikan solusi, yakni pakai cakram aftermarket yang biasa dipakai untuk Honda Vario (gbr.1). "Karena kedua skutik ini saudara kandung. Maka diameter dalam cakramnya sama-sama 58 mm. Makanya, cakram Vario bisa langsung pasang ke dudukan cakram BeAT," ujar Gepeng dari GP Racing di bilangan Rempoa, Jaksel (gbr.2).

Nah, satu-satunya yang membedakan adalah dudukan adaptor tambahan milik Vario (gbr.3). Adaptor tambahan ini enggak klop dengan lubang sok dan dudukan kaliper standar milik BeAT yang lebih panjang (gbr.4). "Solusinya bisa bikin adaptor tambahan di tukang bubut agar lubang-lubang tadi cocok di sok dan kaliper milik BeAT dan biayanya Rp 50 ribu sudah plus pasang," urai Gepeng yang menawarkan jasa pembuatan dan pemasangan adaptor tersebut.


Gbr 1                                                         Gbr 2                                                                       Gbr 3

Kalau adaptor sudah siap, langsung pasang saja. Pertama buka baut as roda dengan bantuan kunci 14 dan 19. Setelah ban lepas, teruskan dengan melepas 4 buah baut cakram dengan kunci L-6. Bila cakram sudah minggat, berarti bisa langsung diganti cakram baru itu. "Jangan lupa memasang kembali 4 bautnya dan pastikan baut-baut tersebut kencang," wanti Gepeng. Nah sekarang giliran memasang adaptor tambahan. Lepas baut penghubung antara sok depan dengan braket kaliper rem dengan bantuan kunci 5 bintang (gbr.5). Diteruskan dengan memasang adaptor tambahan tadi di braket rem yang barusan dilepas.


Gbr 4                                                                            Gbr 5

Ikat adaptor tambahan dengan braket kaliper pakai mur 10. Nah, dari posisi ini, langsung pasang lagi adaptor tambahan yang sudah menjadi satu kesatuan dengan braket kaliper tadi di sok depan BeAT. Sampai di sini, selesai deh! Total ongkos yang dikeluarkan untuk pengerjaan ini bervariasi, tergantung merek cakram yang dibeli. "Yang jelas, gue habis sekitar Rp 325 ribu untuk cakram dan pembuatan adaptor tambahan ," tutup Gepeng.

Sumber : Penulis / Foto : Atenx - otomotifnet.com



Sponsored Links

Perawatan Ban - Harga ban mahal? reparasi aja!
Ban mobil bisa berotasi lantaran anginnya enggan keluar dari dalam dinding ban. Kalau angin itu tiba...

Ganti membran pair Satria FU agar tidak Dar-Der-dor!
Motormania lain pasti ogah mengalami hal seperti Viv Yanto, warga Tangerang, Banten. Bayangin aja, l...

Kawasaki KLX 150S - mengtasi kopling Kawasaki KLX 150S selip, harus dilubangi?
Banyak pengendara Kawasaki KLX 150S mengeluh koplingnya mudah selip. Salah satunya Yopi. "Umurnya ba...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru