Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Yamaha Jupiter MX 135LC Bikin Heboh Samarinda


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: SBT - otomotif.kompas.com

Serasi antara roda depan dan belakang. Tongkrongan gagah dengan motif kelir lorek

 

 

IDENTITAS motor ini sudah tidak ada sama sekali. Kalau melirik ke lengan ayun belakang, Anda pasti menduga Honda NSR 150. Ternyata, tebakan Anda keliru, yang benar Yamaha Jupiter MX 135LC 2005 karya Yustinus dari Insan Motor. Penggarapannya memakan waktu setahun. "Semuanya biar puas karena karya ini Enggak boleh sembarang," komentar Iyus, sapaan akrab Yustinus.

Kesempurnaan garapan Iyus tampak pada kaki-kaki yang mengaplikasi pro-arm. Memang, tidak sembarangan pasang. "Kalau tinggal pasang, bentuk motor jadi aneh lantaran wheelbase panjang banget," ceritanya.

Posisi roda belakang yang terlalu mundur tentunya tidak pas dengan tampilan MX yang diselimuti fairing. Selain itu, Iyus mempertahankan  jarak sumbu roda dengan alasan handling harus tetap nyaman sekalipun bobot sudah bertambah akibat fiber.

Solusinya, pro-arm yang memakai punya Honda NSR 150 SP dikalahkan dengan sedikit pemotongan di bagian depan sepanjang 4 cm. "Supaya posisinya lebih mantap alias paten, maka as dibuat double kemudian dilas mati," katanya sambil memperlihatkan posisi as yang berdekatan sama bagian bawah monosok. Alasan keamanan merupakan hal utama yang membuatnya melakukan teknik seperti ini, cerita modifikator cadel itu.

"Jangan asal pasang limbah moge, dimensinya harus diperhatikan," terang pria berkacamata ini lebih lanjut. Untuk aplikasi bodi sebesar ini memang upside down Aprilia RS125 paling ideal. "Diameter tabung sekitar 54 mm cocok dengan ukuran motor," ungkap Iyus. 

Dengan kombinasi kaki-kaki seperti ini, juragan bengkel yang asli Jawa Timur ini akhirnya bisa mengirim motor ke Samarinda tempat si empunya. "Lega kalau motor dah bisa terkirim, pasti bakal bikin heboh di sana," kata pria ramah ini. (Nurfil)



Sponsored Links

Kopling Suzuki Satria FU - Jangan pernah asal pendekin jarak main kopling!
Memperpendek jarak main tuas kopling, banyak dilakukan biker pengguna motor tipe sport. Tujuannya, s...

MERAKIT KEMBALI
Catatan: - Pastikan semua komponen yang akan dirakit (dipasang) sudah dalam keadaan bersih. - ...

Black Auto Tips - Ciri Mobil Bekas Boros BBM
Membeli mobil bekas (mobkas) modalnya tidak hanya punya uang doang. Anda juga dituntut punya pengeta...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru