Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Modifikasi Guidance - Pasang Setang Fatbar di Scorpio


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis: Atenx

Modifikasi Guidance - Pasang Setang Fatbar di Scorpio

OTOMOTIFNET - Setang aftermarket berprofil lebar emang punya penggemar sendiri, khususnya di kalangan motor jenis sport. Maklum, dengan gaya begitu diakui bikin pengendalian makin yahud. "Lebih nyantai dan sporti," aku Andi pengguna Suzuki Thunder 125.

Salah satu jenis setang 'baplang' ini adalah tipe fatbar (gbr.1). Eits, tapi tunggu dulu! Ada motormania yang masih salah menafsirkan jenis setang model begini. "Enggak semua setang lebar itu disebut fatbar," ujar Roby dari toko RobySteam.

Nah, biar enak, mending samain persepsi dulu deh. "Yang dimaksud fatbar itu, tipe setang lebar yang diameter tengahnya lebih besar daripada diameter pinggir," jelas pemilik gerai di Jl. Arteri Kelapa Dua, Jakbar ini.

Jadi jelaskan? Kalau ukuran diameter keseluruhan pipa setang sama, berarti bukan tipe fatbar. Nah, setang fatbar ini lebih kaku (rigid) dibanding bawaan standarnya. Maklum, aslinya setang ini diciptakan buat motor penggaruk tanah.

Nah buat yang penasaran mau aplikasi di motor harian, ada dua pilihan; berlabel Sunline atau Renthal yang dibanderol Rp 1,2 - Rp 1,4 juta. Keduanya jenis fatbar, dan untuk masalah kualitas dan tampilan, keduanya enggak perlu diragukan lagi deh.

Kemahalan? Tenang, itu versi high classnya. Buat yang punya dana pas-pasan, bisa lirik merek SSR yang dijual Rp 500 ribu. "Ketahanannya, dijamin enggak kalah dari versi muahal," yakin Roby sambil cengengesan.

Seperti sudah dijelaskan di atas, bahwa diameter tengah setang fatbar yang duduk di segitiga atas lebih besar. Untuk itu, agar si setang bisa nemplok rapi, silakan tebus spacer dengan harga Rp 150-275 ribu (gbr.2).

Sudah lengkap? Langsung pasang yuk! Sebagai bahan eksperimen, setang dipasang pada Yamaha Scorpio. Langkah awal bisa dari melepas panel-panel yang ada di setang standar mulai dari grip gas, sakelar lampu sampai master rem depan (gbr.3).

Selesai dipreteli, langsung buka dudukan setang standar di segitiga pakai kunci L-8 (gbr.4). "Dari sini, pasang spacer yang sudah ditebus tadi tepat pada bekas dudukan setang standar tadi (gbr.5)," tambah pria yang hobi utak-atik motor trail ini.

Sampai tahap ini, langsung pasang setang fatbar pada spacer baru tersebut dan jangan lupa ikat spacer bagian atas pakai kunci sama. "Tapi jangan langsung dikencangkan, silakan atur dulu posisi maju-mundur setang," anjurnya.

Gimana, posisi sudah oke? Nah tinggal lanjutkan memasang kembali panel-panel di setang standar tadi pada setang fatbar yang baru seperti semula.

Sumber : Penulis: Atenx - otomotifnet.com



Sponsored Links

Upgrade Performa Kawasaki KLX 150S, Katrol 7 dk Dengan Rp 3,5 Juta
Hadirnya Kawasaki KLX 150S, bisa jadi obat rindu bagi trail-mania Tanah Air. Karena dimensi motor ga...

Kemudi/Stang
Fungsi kemudi ialah untuk membelokkan roda atau mengarahkan jalannya kendaraan sepeda motor. Kemudi ...

MENCARI GANGGUAN PADA SISTEM PENDINGIN
PEMERIKSAAN DAN PERBAIKAN PENDINGIN 1. Mameriksa ketinggian air pendingin a. Periksa ketinggia...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru