Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Oto Tips -Gigi Empat Jupiter MX135 Ngedrop?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Ketut


gbr.1

gbr.2

gbr.3

 Banyak pemilik Yamaha Jupiter MX mengeluh; saat perpindahan gigi dari tiga ke-4 merasakan power mesin seperti ngedrop. Lalu untuk mencapai puncak gigi empat memerlukan waktu cukup lama dan panjang. "Enggak nyambung seperti yang lainnya," kata I Wayan Nonad, warga Denpasar, pemilik Jupiter MX keluaran 2008.

Secara teknis, hal itu disebut batas kemampuan unjuk kerja mesin (power band) yang sempit. "Ah tapi gak usah khawatir. Itu bisa diatasi, kok. Caranya ganti spuyer," bilang Windu, salah satu mekanik divisi racing dealer Yamaha Gunung Sanghyang Motor Denpasar, Bali.

Main Jet Kebahasan
Problem I Wayan Nonad mungkin dialami juga MX-mania lainnya. Pemicunya bisa dipastikan pada setingan karbu standar yang kurang pas. "Gejala itu menunjukkan kalo main jet kebasahan," vonis Umbu (sapaan Windu) yang paham betul sama setelan karbu.

Bukannya apa-apa. Dari sononya, peranti pengabut bahan bakar MX itu dijejali pilot jet 20 dan main jet 105. "Nah, intinya, yang perlu diturunkan cukup main jetnya aja," wanti pria umur 23 tahun ini sembari menunjuk spuyer pengganti.

Apakah itu? "Bisa pakai main jet Suzuki Satria 120R berkode 97,5. Meski tampak luarnya berdimensi sedikit lebih besar dari MX, tapi dari kodenya, main jet ini punya ukuran lubang lebih imut (gbr.1)," urai Umbu sembari bilang, alur dratnya sama, kok.

Hokeh.. sekarang tinggal proses pasang. Pastinya, tanggalkan dulu karburator dari dudukannya. Lalu lepaskan keempat baut mangkuk karbu menggunakan obeng kembang. Setelah itu buka main jet pakai obeng minus besar.

Berikutnya, Anda tinggal pasang main jet Satria  (gbr.2). Beres, deh. Setelah itu, rangkai lagi karbu ke posisi semula. Langkahnya, tentu sesuai kebalikan waktu tadi Anda melucutinya.

Tapi ingat, "Penggantian main jet ini menuntut penyetelan ulang karbu. Standar Jupiter MX setelan anginnya 1-5/8 putaran, setelah diganti main jet, setelan angin cukup 1 putaran aja (gbr.3)," wanti Windu.

Bisa Tembus 125-130 Km/Jam
Mesin standar Jupiter MX diakui sudah oke. "Kalo nyetingnya pas, MX standar bisa tembus 125-130 km/jam, lo," bilang Windu. Caranya, bila karburator sudah disetel seperti dijelaskan di atas, tahap berikutnya tinggal setel ulang klep.

"Untuk MX idealnya 0,09 (klep in) dan 0,1 (klep out)," wanti mantan pembalap road race ini. Meski begitu, pastikan filter udara bersih. "Kalo semua itu terpenuhi, konsumsi BBM juga bisa lebih irit," jamin pria ramah ini. Wah, irit sekaligus kenceng, dong! 

SumberPenulis/Foto:Ketutotomotifnet.com


mx1 commented on 17 Jan 2013, 06:19:55
a



Sponsored Links

PRINSIP KERJA MESIN BENSIN
Agar menghasilkan tenaga gerak, pada mesin bensin diiakukan tahapan proses

Modification guidance - Bore-Up Jupiter MX dengan si blok Vixion..
Dengan menjejalkan piston Suzuki Thunder yang berdiameter 57 mm ke dalam silinder Yamaha Jupiter MX,...

Service Guidance - Inreyen Motor Oversize (4-Tak)
Berkendara bisa terkendala kalau abis turun mesin atau oversize. Atau motor masih baru keluar dealer...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru