Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Oto Tips: Starter Elektrik Yamaha Scorpio - Starter Elektrik Yamaha Scorpio Ngadat? Bisa Jadi Karena Laher Starternya Rusak!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Pidav / Pidav

Bagi pemilik Yamaha Scorpio pasti pernah menemui masalah seputaran elektrik starternya. Mungkin karena termakan usia atau perangkat di sistem starter sudah tak bekerja dengan baik.

 

Seperti Herman Guntoro pada besutannya. "Mesin gak mau hidup pakai starter elektrik, padahal aki masih baru. Trus, sewaktu matiin mesin juga aneh, ada suara 'bledak' di bak magnet. Kenapa ya?" tanya warga Kedoya, Jakbar ini.

 

Menurut Eric Ariyanto dari bengkel Pit Bike (PB), ada dua faktor penyebab. "Selain umur pakai dan juga keseringan menekan elektrik starternya terlalu lama. Makanya Starter one-way assy (SOWS) atau bagian laher starternya rusak," terang Eric pemilik bengkel di Jl. Kembang Kerep No.102, Jakbar.

 

Waduh, mahal dong? Gak kok, cukup keluarkan kocek Rp 150 ribu untuk menebus komponen tersebut berikut jasa pasangnya. Coba bandingkan jika belanja di bengkel resmi bisa kena Rp 647 ribu. Berarti perbedaan harganya sangat jauh, selisihnya Rp 497 ribu! Padahal partnya sama-sama orisinal lo.


Gbr 1

Gambar 1

 

 


Gbr 2

Gambar 2

 

 


Gbr 3

Gambar 3

 

 


Gbr 4

Gambar 4

 

 

Nah, untuk menghemat waktu, Eric langsung memasang standar tengah di motor dan segera menyiapkan peralatannya. Yakni, kunci ring 12, T-8, T-14, L-6 dan alat khusus untuk melepas magnet yaitu treker.

 

Pertama, pria ini menguras seluruh oli mesin dahulu hingga habis dengan membuka baut di bawah mesin memakai kunci ring 12. Lalu, mengendurkan dan lepas ke-15 baut penahan bak kopling dan cover rantai memakai kunci T-8 (gbr.1).

 

Setelah bak koplingnya terbuka, dilanjutkan mencopot satu baut pengancing yang berada tepat di tengah magnet menggunakan T-14. Kemudian melepas tiga baut yang juga sebagai penahan di bagian dalam magnet dengan kunci L-6 (gbr.2).

 

Sudah? Berikutnya, melepas magnetnya memakai treker (gbr.3).

 

"Posisi SOWS ada di balik magnetnya dan bisa kita lihat pada bagian pipa sulingnya pasti ada yang grepes kasar atau halus karena bergesekan dengan rumah laher," ucapnya sambil menunjukan bagian yang rusak (gbr.4).

 

Tinggal ganti deh komponen yang sudah usang tadi dengan yang baru dan pasang kembali seperti keadaan semula. Pastikan lagi semua baut terikat dengan kuat.

 

Sumber :Penulis/Foto: Pidav / Pidav - otomotifnet.com



Sponsored Links

Utilitas - Mengatur Fitur Auto Dimmer dan Black Out
Fitur auto dimmer yang berfungsi untuk menyesuaikan pencahayaan dari LCD monitor, sebenarnya sudah t...

Honda Diagnostic System (HDS) - Rekam Medis Supra Injeksi
Menggeser paradigma kuno menuju pemikiran modern emang tidak mudah. Ambil contoh soal motor injeksi,...

Trouble Shooting - Solusi kala CS-1 susah untuk hidup?
Ceritanya ada seorang konsumen yang mengaku Honda CS-1 miliknya baru menjalani service ringan, tapi ...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru