Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Pakai paking seng, tarikan supra makin greng!!!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Jotos / Jotos- otomotifnet.com

Punya motor berumur (10 tahun ke atas) harus siap siap risiko-risikonya. Terutama kalo cari komponen yang sudah aus, baik fast atau slow movingnya agak susah. Ah, tapi ini gak masalah, asalkan kita punya banyak teman mekanik.

 

Lho, apa hubungannya? Jelas ada, dong. Karena dari 'otak liar' montir, kadang muncul solusi-solusi yang bisa diaplikasi. Seperti dialami Ahmad Rizal. Saat mengeluh Honda Supra 110 cc 1999-nya, ia justru dapat jalan keluar dari teman mekaniknya.

 

Cerita berawal saat tarikan besutannya itu sudah mulai loyo. Gara-gara paking head-nya bocor. Jadi kudu ganti baru. Tapi sayang, di pasaran sudah agak susah dicari.

 

"Maklum, motor sudah 10 tahun. Wajar kalo susah cari onderdil," kata warga Bangka, Mampang, Jaksel.

 

Sesuai saran karibnya yang montir, paking harus diakali. "Ganti aja dengan ukuran yang lebih tipis dari bawaan motor. Materialnya dari seng," bilang Ipin mekanik Ipin Sanjaya Motor (ISM) di Jl. Bangka VI, Mampang, Jaksel.

Sengnya setebal 0,13 mm (aslinya paking Supra 0,24 mm)

 

 

 

Gambar 1

Gbr 1

 

 

 

 

 

 

 

 

"Carinya juga mudah, kok. Di toko material juga ada. Beli aja secukupnya," jabar Ipin. "Dengan memakai paking seng, dijamin power motor juga akan kembali oke."

Tapi pakai paking seng ada penyesuain juga, lo. Yaitu mengganti pilot jet yang lebih besar

 

 

 

 

Gambar 2

Gbr 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

"Bia kompresi padat, pasokan bahan bakar harus ditambahin. Kalo gak, mesinnya akan jebol," terang pria berambut ikal ini.

 

Ingin tau kan cara buat pakingnya? Pertama siapkan alat-alatnya: seng, spidol, gunting dan bor. Pertama gambar paking asli di seng pakai spidol

 

 

 

 

Gambar 3

Gbr 3

 

 

 

 

 "Dijiplak atau dimal aja paking orsinalnya. Lebih simpel," tutur bos ISM ini.

Setelah digambar, silakan potong dengan gunting pelat sesuai gambar yang tadi dibuat

 

 

Gambar 4

Gbr 4

 

 

 

 

 

 

Lalu bolongi paking seng itu pakai bor sesuai lubang-lubang di paking asli

 

Gambar 5

Gbr 5

 

 

 

 

 

"Bolongan itu sekaligus pengikat baut di blok," urai mekanik ramah ini.

Nah, kalo sudah jadi, Anda tinggal pasang lagi paking itu. "Enggak perlu banyak-banyak bikin pakingnya.

 

Cukup satu. Paling modalnya cuma Rp 10 ribu!" tukasnya. Malah menurut Ipin, kalau bikin di dia, itu sudah sekaligus pemasangan.

 

Tarikannya kembali greng, kan?

 

 

 Penulis/Foto: Jotos / Jotos- otomotifnet.com



Sponsored Links

Service Guidance - Cek sepul pengisian Suzuki Spin?
Suzuki Spin tergolong skutik keluaran lama, pastinya wajar kalo sudah mulai minta ganti onderdil ini...

Nih, Pemicu Ban Motor Cepat Rusak
Ban motor cepat rusak karena dua hal. Pertama, karena ulah penjahat menyebar "ranjau" berupa paku...

Kawasaki KLX 150S - mengtasi kopling Kawasaki KLX 150S selip, harus dilubangi?
Banyak pengendara Kawasaki KLX 150S mengeluh koplingnya mudah selip. Salah satunya Yopi. "Umurnya ba...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru