Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Pasang frame slider Kawasaki Ninja 250 - mencegah Fairing atah!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Kadafi / Kadafi

Kawasaki Ninja 250 cukup diminati motormania di Indonesia. Maklum, tampilan sportinya kerap membius adrenalin pencinta besutan bergaya moge. Bahkan part-part pendukungnya juga sudah banyak dijual di pasaran.

 

 

 

Gambar

 

 

 

Dari yang berkategori sebagai pemanis tampilan, sampai yang berfungsi sebagi pelindung (guard) kuda besi itu. Salah satunya part yang disebut frame slider yang dijual Rp 1,5 juta.

 

 

Lho, buat apa? Gini, karena harga motornya mahal, tentu Anda enggak mau dong motor itu jatuh? Pasalnya kalo ngegubrak, fairingnya mahal banget, Cuy! "Makanya, perlu diberi semacam pelindung. Ya, frame slider itu," bilang Reza Syardi, anggota komunitas Kawasaki Ninja 250.

 

Dari produsen pembuatnya, peranti itu memang dirancang untuk meminimalisasi rusaknya fairing saat motor itu jatuh. "Di toko-toko aksesori udah banyak kok, yang jual," sambung pria yang apik dalam merawat tunggangannya ini.

 

 

Wakss.. boleh juga, tuh! Ketimbang 'gigit jari', gara-gara mesti beli bodi baru setelah Ninja kesayangan ambruk mencium bumi. Mendingan sedia payung, eh pasang pelindung, kan? Terus, gimana cara mengaplikasinya, nih? "Gampang.

 

Oke buat ilustrasi akan gue praktikkan, ya!" timpal Isman, mekanik Garasi Motor yang dipercaya Reza untuk memasangkan frame slider di Ninjanya.

 

 


Gbr1 Gbr2 Gbr3

Gambar 1-2-3

 

 

 

 

Seperti biasa, sebelum beraksi, siapkan dulu alat 'tempurnya' untuk membuka fairing Ninja. "Kuncinya antara lain L-4, L-5, L-8, ring 17 dan ring 14," pinta mekanik yang biasa ngetem di Jl. Jati Makmur, Pondok Gede Bekasi.

 

Berikutnya, copot baut pengikat fairing menggunakan kunci L- 4 dan L-5 yang tadi sudah kita sediakan sebelumnya (gbr.1).

 

Oke, setelah baut dilepas semua, tinggal copot fairing kiri dan kanannya. Lalu lepas engine mounting standar yang posisinya berdekatan dengan air radiator. Gunakan kunci ring 14 (gbr.2).

 

 


Gambar 4

Gambar 4

 

 

 

Kalo sudah dilepas, selanjutnya ganti pegangan bawaan frame slider yang sudah kita tebus tadi, lalu kencangkan menggunakan kunci ring 17 (gbr.3).

 

Langkah terakhir, setelah dikencangkan, pasang kembali fairing kiri-kanan yang tadi sudah dilepas. Lho kok?

"Iya. Jangan pasang frame slidernya dulu.

 

Sebaliknya, kita pasang fairing yang fungsinya untuk mencocokan dudukan melalui fairing," ujar pria yang mempunyai hobi ekstreme games ini. Setelah fairing terpasang, langsung kita aplikasi peranti pelindung ini dengan memanfaatkan kunci L-8 (gbr.4).

 

Nah, sekarang pelindung sudah terpasang. Anda sudah enggak perlu khawatir lagi. Kan sudah ada frame slider ini untuk mengurangi kejadian fatal, seperti fairing patah. Berminat?

 

Sumber :Penulis/Foto: Kadafi / Kadafi - otomotifnet.com



Sponsored Links

Kampas kopling Honda Tiger bisa pakai punya Honda Supra kok?
Mujiono sudah lama punya Honda Tiger 2000 keluaran 2004. Dengan seiringnya waktu, motor itu jadi tak...

Toyota Kijang Innova - Semprot cleaner, usir ngelitik Kijang Innova!
Yung Yung bingung tak terkira mendapatkan Toyota Kijang Innova berbahan bakar bensin miliknya timbul...

Tips Djarum Black - Hati-Hati Memilih Radiator Coolant
Disinyalir, pakai cairan radiator coolant bisa bikin mesin lebih adem. Akan tetapi, beberapa kejadia...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru