Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Pasang sandaran pembonceng di skutik bro?


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis : Banar

Bagi pembesut skutik yang lagi gandrung dengan pernak-pernik tambahan buat mempercantik tunggangannya, enggak ada salahnya part ini diaplikasi pada besutan Anda. Ya, benar. Peranti yang dimaksud adalah sandaran bagi pembonceng.

 

 

Gambar 1

 

 

Meski produk aksesori anyar dan desainnya baru tersedia buat Honda Vario dan Yamaha Mio, namun sudah banyak yang pakai. Karena selain untuk sandaran boncengers biar lebih rileks, bentuknya yang unik juga bikin tampilan makin gaya.

 

Harganya juga tidak terlalu menguras dompet, cukup siapkan dana Rp 160 ribu, sudah bisa boyong sandaran yang berbahan pipa besi ini. Nah masalah pasangnya, juga amat simpel kok. Bisa diboyong ke bengkel maupun dikerjakan sendiri.

 

"Cukup pakai kunci ring 10. Serta hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk bongkar pasang," ucap Roy Maradina, teknisi Inti Jaya Motor (IJM) di Jl. Kebon Jeruk III/7, Jakbar.

 

Yuk, langsung saja kita lihat cara pasangnya pada Yamaha Mio yang diperagakan oleh mekanik IJM ini. Langkah awal, buka 4 baut pengikat behel pakai kunci ring 10 (gbr.1) dan dilanjutkan melepas behel cukup diangkat ke atas. "Yang dilepas hanya behelnya.

 

Gak ada part lain yang ikut dibongkar atau diutak-atik," wanti Roy. Kemudian dilanjutkan memasang sandaran tersebut pada dudukan behel, yang kemudian dikikat pakai 4 baut. Selanjutnya tinggal mengatur posisi sandaran tegak maupun miring, sesuai kebutuhan pembonceng.

 

Gambar 2

 

 

 

 

Caranya cukup mengendurkan 2 baut penyetel sandaran pakai kunci ring 10 (gbr.2). Setelah kendur, sandaran dimajuin sedikit maupun dimundurin. Kalau sudah pas, tinggal mengencangkan kembali baut yang dikendurkan tadi.

 

"Baut penyetel harus kencang banget. Kalau tidak, dikhawatirkan lama-lama saat pembonceng bersandar, sandaran bisa mundur sedikit demi sedikit," imbuh pria yang akrab dipanggil Jay ini.

 

Kalau sudah, tinggal mencobanya jalan berboncengan, sambil memastikan baut penyetelnya sudah kuat ataupun belum.

 

Andaikan sandaran masih bergeser, tinggal menyetelnya kembali seperti semula.

 

Sumber :Penulis : Banar - otomotifnet.com



Sponsored Links

Usir Karat di Leher Knalpot Motor
Yang punya motor, coba perhatikan pada leher knalpot. Pasti terdapat karat, yang kalau didiamkan bis...

Honda Vario Gagah Dengan Velg Daihatsu Xenia
Ingin agar sepeda motor dilirik atau menjadi perhatian kala dikendarai, tak harus dimodifikasi ekst...

Toyota Soluna (1) - Meneliti bodi Soluna bekas taksi?
Pernahkah Anda bertanya, mobil apa saja yang cukup muda usianya tetapi simpel dan praktis? Wah, past...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru