Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Pengaman Roda cadangan - Penjaga roda kelima Suzuki APV!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Ben/Salim

Gambar

 

 

 

 

 

 

Namanya maling, tak bisa mencomot barang di dalam kabin, di bagian luar pun diincar. Malah hingga ke kolong pun dicolong. Termasuk peranti cukup vital di kendaraan yaitu roda cadangan, seperti pada Suzuki APV milik Hendrik. Kendaraan yang sehari-hari dipakai istrinya itu pun tak memiliki roda cadangan lagi, hanya gantungannya yang menganga.

 

 

Gambar 1
Kendurkan baut pengikat, lalu perhatikan lubang dipelek dan besi pengikatnya

 

 

 

 

 

Gambar 2

Besi pengikat di bagian belakang inilah yang ditarik hingga bengkok

 

 

Bengkok


Gantungan roda itu bukannya tak terkunci. "Baut pengikatnya sih terpasang," tunjuk Hendrik pada baut yang letaknya di bodi belakang Suzuki APV. Memang, pengikat itu masih menempel di tempatnya.

 

Namun, bagaimana roda tersebut bisa lenyap? Ternyata, baru ketahuan ketika tunggangan akan dicuci. Mobil dinaikkan, lalu terlihatlah dudukan yang terdiri dari beberapa besi pengikat itu terdapat bagian yang bengkok.

 

"Wah ini sih ditarik," cetus Agus, salah satu mekanik Suzuki di Suzuki Pulo Gadung, Jaktim. Tampak, besi itu dibengkokkan secara paksa, sehingga roda pun lolos ke belakang.

 

Maklum saja, karena tak ada lagi pengikat roda selain 'sarang' yang memang terikat kencang pada sasis ketika baut pengikatnya dipasang dengan baik.

 

 

 

Gambar 3
Baut pengikat bisa terlihat setelah pintu bagasi terangkat

 

 

 

 

 

 

Gambar 4
Sebaiknya rantai atau sling tidak terlalu panjang hingga menyentuh jalanan

Ah dasar maling, ada-ada saja cara dilakukannya. Nah, supaya maling atau teman-temannya tidak selalu berhasil mencomot roda cadangan ini, perlu dilakukan cara untuk menghambat kerjanya.

 

 

 

 

 

Gambar 5
Kancingkan sling setelah roda cadangan terpasang sempurna

 

 

 

 

Gambar 6

Kalungkan sling pengikat dari bagian dalam pelek dengan kedua ujung pada besi penyangga

 

Sebab, kalau terlalu sulit tentu ia akan ragu meneruskan niat jahatnya. Sekarang, melihat kerjanya, ia akan membengkokkan besi di paling belakang, agar roda bisa meluncur ke belakang dan mudah diambil.

 

Pasang pengikat besi di bagian belakang ini agar tidak mudah dibengkokkan. Caranya, pasang sling pengikat sepeda atau rantai kecil yang melingkari besi dan diselipkan pada jari-jari atau lubang pada pelek.

 

Sebelumnya kendurkan dulu baut pengikat roda cadangannya, sehingga roda dan besi pengikatnya tergantung. Kemudian, kalungkan sling pengikat dari lubang di pelek dan lingkari juga besi pengikatnya.

 

Setelah terpasang, lalu pasang kembali dudukan roda cadangan itu seperti biasanya, kemudian kencangkan baut pengikat yagn berada di dekat bumper, terakhir pasang atau ikatkan sling pengikat sepeda atau gembok rantai pelindung ini.

 

Cukup untuk mencegah maling meneruskan niatnya bukan?

 

Sumber :Penulis/Foto: Ben/Salim - otomotifnet.com



Sponsored Links

PRINSIP KERJA MESIN BENSIN
Agar menghasilkan tenaga gerak, pada mesin bensin diiakukan tahapan proses

Trouble Shooting - Atasi Tiger Revo Nembak
Meski terbilang baru, bukan berati motor kesayangan bebas rewel di tengah jalan. Semua tergantung ko...

Merasakan Sensasi Honda CR-Z Hybrid
Honda CR-Z berteknologi hibrida baru diluncurkan pada Februari lalu, eh tahunya sudah ada di Indones...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru