Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Problem solving - Perkuat lampu belakang Suzuki Smash bro!


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Kadafi / Kadafi

Yanuar Rahman mahasiswa perguruan tinggi Moestopo Jakarta sempat merasakan malu ketika dalam perjalanan ke kampus.

 

Kenapa? Tanpa disadari lampu belakang Suzuki Smash kesayangannya lepas dan menggantung ke luar. Ih, jadi terkesan enggak merawat motor, nih!

 

 

Gambar

 

 

 

Ternyata pegangan lampu belakang kuda besinya itu model menyatu dengan bodi motor. Jadi setiap melintasi jalan yang rusak gampang sekali patah akibat vibrasi. Alhasil lampu buritan pun menggantung. Waduh repot juga, tuh!

 

Demi menutupi malunya, lampu belakang tunggangannya sementara dilepas. "Daripada copot lagi, ya udah sekalian aja gue enggak pasang itu lampu," ungkapnya.

 

Eh jangan, dong. Bisa bahaya, Io! Mending dipasang aja. Biar enggak copot lagi, nih ada cara mengatasinya!

 

Solusi dari Andi Kristanto, mekanik bengkel Keong Racing (KR) di Jl. Gotong Royong No.32, Makassar, Jaktim yang sekaligus temannya Rahman. "Bikin aja dudukan baru untuk lampu belakang menggunakan pelat," ujar pria ramah ini.

 


Gbr.1 Gbr. 2

Gambar 1-2

 

 

 

 

Pelat bisa didapat di bengkel knalpot. Beli saja secukupnya. Terus, pelat yang sudah kita dapat tadi jangan lupa juga ditekuk untuk dibuat dudukan baut nantinya (gbr.1).

 

Oke, langsung aja kita simak cara pengerjaannya. Tapi sebelumnya siapkan dulu beberapa keperluan.

 

Pertama kunci-kunci obeng kembang, kunci ring 10 dan bor. Setelah semua sudah ada, tinggal buka semua baut bodi motor menggunakan obeng kembang (gbr.2) di setiap bagiannya.

 

 

 


Gbr.3 Gbr. 4

Gambar 3-4

 

 

 

Lantas kita lubangi pelat dengan memanfaatkan bor yang sudah kita siapkan tadi untuk bikin pegangannya (gbr.3).

 

 

Setelah semua dikerjakan, tinggal pasang material tadi pada rangka dudukan behel pada bagian belakang dengan menambahkan mur pakai kunci 10 (gbr.4).

 

Kalau sudah beres, berikutnya tinggal memasang kembali lampu belakang dengan mencocokan dudukan material tersebut.

 

Jika rampung semua langsung rakit lagi peranti yang sudah dibuka dengan membalik langkah pengerjaan dari awal. "Jadi sekarang sudah enggak repot dan takut lampu belakang copot.

 

Sebab posisi dudukan lampu itu sudah tidak menempel lagi dengan bodi," tutup Andi.

 

Sumber :Penulis/Foto: Kadafi / Kadafi - otomotifnet.com



Sponsored Links

Sistem bahan bakar
Sebelum dilakukan pembakaran, udara dan bensin harus dicmpur lebih dahulu sehingga menjadi berbentuk...

Service guidance - Trik menyetel rantai roda?
Dengan muka bete, Dino curhat ke Anto. Malam minggu lalu, dia abis dijutekin pacarnya; Vira. Gara-ga...

TUNE-UP MESIN
Beberapa bagian yang biasa diperiksa dalam pekerjaan tune-up mesin adalah sistem pendinginan, tali...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru