Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance - olusi Sok Belakang Skywave Goyang


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Jotos



gbr.1

gbr.2


Saking penasarannya, karena goyangan itu dirasa mengganggu kenyamanan, Putra pun langsung melakukan pengecekan terhadap tekanan angin pada ban belakang. Hasilnya udara yang mengisi ban tersebut enggak berkurang alias tak kempis.

Tanpa buang waktu, mahasiswa Bina Sarana Informatika (BSI) kampus Cipulir, Tangerang ini segera menggeladang besutannya ke Hasan Motor (HM) untuk mencari solusi pasti. "Ada kemungkinan sokbrekernya bermasalah," analisis awal Hasan Basri, mekanik bengkel umum yang bercokol di Jl. Kelapa Dua Raya, Jakbar.

Sayang, perkiraan awal mekanik berbadan langsing ini, ternyata kurang pas. Sebab saat melakukan cek and ricek, bagian tersebut fungsinya masih oke. "Namun saat sok belakang diputar atau dipelintir dari kedudukannya, ternyata terasa ada sedikit speleng dari dudukan pengikatnya itu. Dan itu terjadi pada keduanya," urai mekanik berambut lurus ini (gbr.1).


gbr.3

gbr.4

Untuk penyembuhan sedikit masalah yang terjadi pada bagian dudukan sok, Hasan menyiapkan obat berupa pelat O-ring berdiameter 21 mm sebanyak 4 buah yang tebalnya 1-2 mm (gbr.2). "Masing-masing sokbreker hanya pakai 2 ring yang diletakkan pada bagian kiri dan kanan sisi dalam lubang baut sok belakang bagian bawah," tuturnya yang juga bilang cukup rogoh kocek Rp 4 ribu untuk beli 4 buah ring (gbr.3).

Oh ya, khusus untuk pemasangan ring pengganjal pada sokbreker sebelah kiri, pengerjaannya berbeda dengan yang di kanan. Pasalnya pada bagian tersebut untuk melepas baut sok, mesti juga melepas filter udara.

"Enggak terlalu ribet kok, tinggal lepas dua baut pengikat filter udara dengan kunci sok ukuran 8 mm (gbr.4). Baru setelah itu lepas baut 14 mm pengunci sok dan lanjutkan dengan memasukkan ring pengganjal," tutup Hasan. Goyang duyu? Enggak lah yaww..!

Sumber :Penulis/Foto: Jotos
 - otomotifnet.com



Sponsored Links

Minerva Luncurkan R150 VX, Dibanderol Rp 16,5 Juta
Salah satu pemain kecil produsen sepeda motor Indonesia, PT Minerva Motor Indonesia (MMI), coba mera...

Atasi kabel gas skutik nyangkut - Trik tepat di saat darurat?
Saat digas, pada putaran mesin tertentu (biasanya di 2.000-2.500 rpm) skutik akan langsung beraksele...

Custom Sprocket Fixing Honda Tiger..
Buat pengendara Honda Tiger, coba perhatikan gir belakang. Ada 4 buah besi penahan (sprocket fixing)...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru