Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance - Awas Jarum Skep Ninja 250 Tertukar


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Popo



Jarum skep sebelah kanan lebih gendut, bisa dibedakan pula lewat kode angka di tutup katup vakum karburator.

Hendrik yang pedagang sekaligus pemilik bengkel motor build up, Probike, bingung bukan kepalang karena Kawasaki Ninja 250R miliknya ogah langsam setelah karburatornya dibongkar.

Mau disetting seperti apa saja, dua silinder Ninja 250 tetap enggak bisa kompak. Padahal Hendrik sudah menggunakan vacuum tester yang biasa digunakan untuk menyetting karburator vakum pada mesin twin silinder.

"Karena bingung kita bongkar lagi. Ternyata ada part dalam karburator twin ini yang enggak boleh saling tertukar antara kanan dan kiri," ucap Hendrik sumringah karena rasa penasarannya terjawab juga. Ngomong-ngomong part saja yang enggak boleh tertukar? Kita kasih tahu dong!

"Sebenarnya hanya ada satu part yaitu jarum skep atau jet needle. Keduanya enggak boleh tertukar karena ukurannya berbeda antara kanan dan kiri," lanjutnya.

Keduanya berbeda pada ukuran. Kode di catalog Kawasaki menyebutkan kode N9VW untuk jarum skep sebelak kanan dan N9VU untuk sebelah kiri. Tapi apesnya di bodi jarum skep ini enggak ada tulisan kode itu. Lalu gimana cara membedakannya?

"Pada jarum skep sebelah kanan bentuknya sedikit lebih gendut. Sebelah kanan dilihat saat posisi venturi karburator menghadap ke arah kita ya," lanjut pria tinggi besar ini. Kalau masih bingung bisa juga berpatokan pada kode di tutup katup vakum yang berada di bagian atas karburator Keihin CVK30 ini.

Di bagian dalam tutup katup vakum ini ada kode angka. Kanan angka satu dan kiri angka dua. Biar enggak lupa, saat melepas langsung dihapalkan dulu jarum skep tadi mau ditaruh di sebelah mana. Karena ukurannya berbeda tentunya settingan kedua karburator ini juga berbeda.

Bila melihat buku panduan service Kawasaki Ninja 250R yang dikeluarkan Kawasaki, perbedaan settingan ada pada bukaan pilot screw. Kalau yang kanan dibuka 1 1/3 putaran sedang yang kiri minta lebih banyak yaitu 2 putaran. Udah pada tahu kan? Jangan sampai tertukar lagi ya!  

Sumber : Penulis/Foto: Popo - otomotifnet.com



Sponsored Links

Service Guidance - Deteksi Suspensi Yang Tidak Normal
Salah satu pembaca OTOMOTIF asal Tanjung Barat, Jaksel sempat bingung mengenai suspensi mobilnya yan...

Perawatan Spare Part - merawat filter bahan bakar?
Dalam jalur bahan bakar, jika salah satu komponen terhambat maka yang masuk ke mesin menjadi tak opt...

Bikin mobil agar Tetap kinclong - Cairan pengusir dekil dan kotor?
Beratus atau bahkan ribuan kilometer jarak yang ditempuh dalam rperjalanan antar kota antar propinsi...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru