Otomotif | Otomotif - Automotive | Mobil - Sepeda Motor

Titles Titles & descriptions

  

Service Guidance - Bikin Kinclong Mika Lampu


Sponsored Links
 Print this page 

Author: Penulis/Foto: Popo



Peralatannya standar perawatan mobil

Sudah bukan rahasia lagi saat berkendara di kala hujan membutuhkan mata yang lebih tajam. Begitu pula dengan sorot lampu, karena tugasnya membantu mata maka sorotnya juga harus lebih tajam. Apalagi saat hujan di malam hari. Tapi bila kendaraanya sudah berumur bisa jadi lampu tak terang lagi.

"Mungkin karena mika lampu bagian luarnya sudah buram. Mari ikuti cara saya membersihkan mika lampu," ajak Deden, penjual lampu-lampu bekas di Pusat Onderdil Duta Mas, Fatmawati. Berhubung Deden penjual lampu bekas tentunya Ia punya jurus menyulap lampu-lampu dari tangan ke dua menjadi seperti baru. Berarti, triknya layak diikuti.

Sebelumnya siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Siapkan amplas air halus, ukurannya bisa 8000. Kemudian sediakan juga kompon dan obat poles. Yang pertama dilakukan adalah mengamplas permukaan mika lampu dengan amplas halus yang sudah dibasahi air (gbr.1).

"Kotoran dipermukaan luar mika lampu biasanya disebabkan debu yang menumpuk selama bertahun-tahun. Untuk membersihkannya harus dilakukan dengan mengikis permukaan tadi. Tapi harus halus dan jangan sampai menciptakan goresan, makanya dipakai amplas dengan ukuran 8000 yang punya karakter halus," terang Deden panjang lebar.

Setelah digosok pakai amplas dan permukaanya sudah terlihat lebih kinclong selanjutnya dihaluskan lagi menggunakan kompon (gbr.2). "Tinggal gosok saja permukaannya lagi. Kompon dipakai untuk menghilangkan baret halus karena amplas tadi," terang pria berkulit putih ini.


gbr.1

gbr.2

gbr.3

gbr.4

Dan terakhir adalah dipoles menggunakan obat poles kaca (gbr.3). "Kalau yang ini untuk finishing saja agar baret karena amplas tadi makin halus dan tidak terlihat. Sekaligus membuat mika terlihat lebih kinclong (gbr.4)," tutup Deden yang tinggal di Ciledug, Tangerang ini. Silahkan dicoba, biar perjalanan kala musim hujan makin lancer.

Sumber : Penulis/Foto: Popo - otomotifnet.com



Sponsored Links

Utilitas - Yuk Ganti Roller CVT Sendiri
Terkadang ada satu hal yang tak perlu dilakukan sama yang ahli. Misalnya, ganti roller di skubek kes...

Suzuki New Shogun 125 - Seandainya Kabel TPS Lepas
Mengejar emisi gas buang yang bersih dan irit bensin, Suzuki New Shogun 125 (FL 125) mengaplikasi fi...

Gadget dan Otomotif - Program audio - video via i- phone
Setelah mengulas aplikasi software iPhone untuk mesin mobil, edisi ini akan dijabarkan program lainn...


Copyright 2008-2015 Otomotif.web.id. All rights reserved. Privacy policy
Artikel dan komentar merupakan kontribusi tulisan dari sesama user, pergunakan dengan bijak
Klik tombol "Submit article" untuk memasukan artikel baru